Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN KOMIK SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PUTRA DAN KELAS XI PUTRI PADA SUBKONSEP GINJAL SEBAGAI ALAT EKSKRESI MANUSIA DI SMA PLUS ASSA’ADAH

SARAH MAULIDYA, PUTRI (2019) PENGARUH PENGGUNAAN KOMIK SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PUTRA DAN KELAS XI PUTRI PADA SUBKONSEP GINJAL SEBAGAI ALAT EKSKRESI MANUSIA DI SMA PLUS ASSA’ADAH. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH PENGGUNAAN KOMIK SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PUTRA DAN KELAS XI PUTRI PADA SUBKONSEP GINJAL SEBAGAI ALAT .pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan komik sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI putra dan kelas XI putri pada subkonsep ginjal sebagai alat ekskresi manusia di SMA Plus Assa’adah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Plus Assa’adah. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas XI MIPA Putra sebagai kelas eksperimen, dan XI MIPA Putri sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Instrumen tes yang digunakan yaitu, tes subjektif dan instrumen non tes yang digunakan yaitu angket respon siswa dan lembar observasi. Teknik analisis data dengan menggunakan uji t (independent sampel t-test) untuk menguji hipotesis. Hasil uji hipotesis penelitian ini diperoleh untuk ranah kognitif nilai p= 0,133, pada ranah afektif p= 0,005, dan ranah psikomotorik p= 0,016 dengan taraf signifikansi < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: terdapat pengaruh pada penggunaan komik terhadap hasil belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotorik siswa, sedangkan pada ranah kognitif siswa tidak terdapat pengaruh pada penggunaan komik terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRahman, AdityaUNSPECIFIED
Thesis advisorRifqiawati, IkaUNSPECIFIED
Additional Information: This study aims to determine the impact of the use of comics as a learning resource on the learning outcomes of male XI graders and female XI classes in the kidney subconcept as a means of human excretion at Assa’adah Plus High School. This research is a quasi-experimental study with nonequivalent control group design. The population in this study were all students of class XI at Assa’adah Plus High School. The study sample consisted of the male XI MIPA as the experimental class, and of the female XI MIPA as the control class. The sampling technique was done by purposive sampling. Data collection techniques use tests and non-tests. The test instruments used were, subjective tests and non-test instruments used, namely the student response questionnaire and observation sheet.. Data analysis techniques using the t test (independent sample t-test) to test the hypothesis. The hypothesis test results of this study were obtained for the cognitive competance p = 0.133, in the affective competance p = 0.005, and the psychomotor competance p = 0.016 with a significance level of <0.05. Based on the results of the study it can be concluded that: there is an influence on the use of comics on student learning outcomes in the affective and psychomotor competance of students, whereas in the cognitive competance of students there is no impact on the use of comics on student learning outcomes.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 23 Nov 2021 13:45
Last Modified: 23 Nov 2021 13:45
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8969

Actions (login required)

View Item View Item