Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS ALAT PERAGA EDUKATIF (APE) TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI

OKTAVIANI, DINI (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS ALAT PERAGA EDUKATIF (APE) TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS ALAT PERAGA EDUKATIF (APE) TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui desain eksperimen sederhana dengan menggunakan posttest only control group design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbasis Alat Peraga Edukatif (APE) terhadap kreativitas siswa pada konsep sistem ekskresi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Keterlaksanaan Pembelajaran (LKP), Tes Kemampuan Kreativitas dan Penilaian Produk Kreativitas. Kemudian populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol di SMP Negeri 3 Cilegon tahun ajaran 2018/2019. Pengolahan dan analisis data yang digunakan yaitu menggunakan komputerisasi dengan memanfaatkan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) dan Ms.Excel. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa pada kelas kontrol dengan pemberian model Project Based Learning (PjBL) memperoleh nilai Tes Kemampuan Kreativitas dengan nilai rata-rata 88,75 dengan kriteria sangat baik dan penilaian produk kreativitas berbasis Alat Peraga Edukatif (APE) mendapatkan persentase 79,1% dengan kriteria baik. Sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata tes kemampuan kreativitas 69,38 dengan kriteria cukup. Pada hasil analisis uji hipotesis, diperoleh data bahwa terdapat pengaruh Model Project Based Learning berbasis Alat Peraga Edukatif (APE) terhadap kreativitas pada konsep sistem ekskresi (P>0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSjaifuddin, SjaifuddinUNSPECIFIED
Thesis advisorTunjung Biru, LuluUNSPECIFIED
Additional Information: The research is a quantitative study through a simple experimental design using posttest only control group design. This study discusses the application of the project-based learning model (PjBL) based on Educative Teaching Aids (APE) to students' creativity on the concept of the excretion system. The instrument used in this study was the Learning Implementation Sheet (LKP), Creativity Ability Test and Creativity Product Assessment. Then the population in this study were students of class VII E in the experimental class and VII C of the control class in SMP Negeri 3 Cilegon in the academic year 2018/2019. Processing and analysis of data used using computerization using SPSS (Product Statistics and Service Solutions) and Ms. Excel programs. Based on the results of data analysis obtained in the control class by giving a Project Based Learning (PjBL) model, the Creativity Test scores with an average score of 88.75 with very good grades and the value of creativity products based on the Educational Educative Tool (APE) benefiting 79, 1 % with good criteria. While the control class got an average score of 69.38 creativity ability test with sufficient criteria. In the results of hypothesis analysis, the data referred to as the Project Based Learning model based on Educative Teaching Aids (APE) on creativity in the concept of the excretion system (P> 0.05).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84201-Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 23 Nov 2021 11:54
Last Modified: 23 Nov 2021 11:54
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8966

Actions (login required)

View Item View Item