Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENERAPAN METODE SOLFEGIO TERHADAP KEMAMPUAN BERNYANYI PADA KEGIATAN EKSTRAKULIKULER PADUAN SUARA ’’SMANDA CHOIR’’ DI SMAN 2 KOTA SERANG (Penelitian Kuasi Exsperimen Pada Ekstrakulikuler Paduan Suara “Smanda Choir” di SMAN 2 KOTA SERANG )

SOPYANA, INDRIYANTI (2019) PENGARUH PENERAPAN METODE SOLFEGIO TERHADAP KEMAMPUAN BERNYANYI PADA KEGIATAN EKSTRAKULIKULER PADUAN SUARA ’’SMANDA CHOIR’’ DI SMAN 2 KOTA SERANG (Penelitian Kuasi Exsperimen Pada Ekstrakulikuler Paduan Suara “Smanda Choir” di SMAN 2 KOTA SERANG ). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH PENERAPAN METODE SOLFEGIO TERHADAP KEMAMPUAN BERNYANYI PADA KEGIATAN EKSTRAKULIKULER PADUAN SUARA ’’SMANDA CHOIR’’ DI SMAN 2 KOTA SERANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kemampuan bernyanyi siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler paduan suara Smanda Choir. permasalahan yang ditemukan oleh peneliti antara lain mengenai teknik olah vokal, seperti artikulasi, intonasi, pernafasan, pharasering, vibrasi, resonansi serta pembacaan partitur dimana siswa belum mengetahui bagaimana cara bernyanyi yang baik dan benar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode vokal solfegio terhadap peningkatan kemampuan bernyanyi. Metode solfegio tidak hanya belajar benyanyi tetapi ada dua tahapan yaitu ear training (mendengarkan nada) dan sight reading (pembacaan partitur). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuasi Exsperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan dengan membagi dua kelompok yakni kelas kontrol maupun kelas exsperimen Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota paduan suara “Smanda Choir” kelas X dan kelas XI yang berjumlah 40 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XI pada kelas exsperimen yang berjumlah 4 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen test yaitu pretest, posttest, dan non test berupa observasi dan angket. proses penelitian ini dilakukan dalam waktu 2 bulan yang setiap pertemuannya 1 minggu 2 kali pertemuan dengan waktu 1 jam. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, analisis kuantitatif digunakan untuk data kuantitatif yang diperoleh dari hasil praktek siswa dalam bernyanyi pretest dan setelah diberikan treatment atau postest. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode solfegio untuk kegiatan bernyanyi sangat berpengaruh. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian analisis data angka sigma menunjukkan nilai 0,80, angka ini lebih besar dari 0,20 yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara pretest dan postest. Dengan demikian bahwa metode vokal solfegio dapat meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa pada kegiatan ekstrakulikuler paduan suara Smanda Choir di SMAN 2 Kota Serang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuhaya, SuhayaUNSPECIFIED
Thesis advisorPermana, RianUNSPECIFIED
Additional Information: This research was motivated by the low singing ability of students who participated in the Smanda Choir choir extracurricular activities. the problems found by researchers include the techniques of vocal processing, such as articulation, intonation, breathing, pharasering, vibration, resonance and score reading where students do not know how to sing well and correctly. The purpose of this study was to determine the effect of the application of the vocal solfegio method on improving singing abilities. The solfegio method is not only learning to sing but there are two stages, namely ear training (listening to the tone) and sight reading (score sheet reading). The method used in this study is the Quasi Ex experiment method with the design of Nonequivalent Control Group Design. that is a research method conducted by dividing the two groups namely the control class and the exsperiment class The population in this study were all members of the "Smanda Choir" choir class X and class XI which numbered 40 people. The sample of this study is class XI students in the experiment class which amounted to 4 people. Data collection techniques using test instruments namely pretest, posttest, and non-test in the form of observations and questionnaires. the research process was carried out within 2 months, each meeting 1 week 2 meetings with 1 hour. Data analysis techniques using quantitative descriptive analysis techniques, quantitative analysis is used for quantitative data obtained from the results of students' practice in singing pretest and after being given treatment or posttest. Based on the results of the study, it can be concluded that the application of the solfegio method for singing activities is very influential. This is evidenced by the results of the sigma number data analysis show a value of 0.80, this number is greater than 0.20 which means there is a significant influence between the pretest and posttest. Thus, the vocal solfegio method can improve the singing ability of students in the Smanda Choir choir extracurricular activities at SMAN 2 Kota Serang.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88209-Jurusan Pendidikan Seni dan Pertunjukan
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 23 Nov 2021 11:52
Last Modified: 23 Nov 2021 11:52
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8965

Actions (login required)

View Item View Item