URFI HADI, MUHAMAD (2019) PENGARUH PENERAPAN BUKU SAKU KEANEKARAGAMAN MOLLUSKA (Gastropoda dan Bivalvia) DI PESISIR PULAU TUNDA PADA SUBKONSEP INVERTEBRATA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI MA AL KHAIRIYAH RANCARANJI. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGARUH PENERAPAN BUKU SAKU KEANEKARAGAMAN MOLLUSKA (Gastropoda dan Bivalvia) DI PESISIR PULAU TUNDA PADA SUBKONSEP INVERTEBRATA TERHADAP HASIL BELAJAR SISW.PDF Restricted to Registered users only Download (19MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Buku Saku Keanekaragaman Molluska (Gastropoda dan Bivalvia) pada subkonsep Invertebrata terhadap hasil belajar siswa kelas X. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperiment yang menggunakan desain penelitian Randomized kontrol group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MA Alkhairiyah Rancaranji. Sampel penelitian ini merupakan kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 1 sebagai kelas kontrol yang dipilih berdasarkan kesesuaian materi yang berada pada kelas X MIA. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa pilihan ganda, dan nontes berupa angket dan lembar observasi. Teknik analisis hipotesis data menggunakan uji hipotesis seperti uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Manova. Nilai rata-rata kemampuan kognitif siswa kelas eksperimen 83,00 sedangkan nilai rata-rata kemampuan kognitif siswa kelas kontrol 74,99. Nilai rata-rata kemampuan psikomotorik siswa kelas eksperimen 85,62 sedangkan nilai rata-rata kemampuan psikomotorik kelas kontrol 72,69. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Manova didapat hasil p<0,05 dengan taraf signifikansi 0,001. Berdasarkan hasil uji tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengeruh penerapan Buku Saku Keanekaragaman Molluska (Gastropoda dan Bivalvia) pada subkonsep invertebrata terhadap hasil belajar siswa kelas X di MA Alkhairiyah Rancaranji
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | The purpose of research is to find an impact of the application of Pocket Book Diversity of Mollusca (Gastropods and Bivalves) on Invertebrate subconcept on student learning outcome of class X. The type of this research is quasi-experiment with randomized control group pretest-posttest design. The population on this research is students of MA Alkhairiyah Rancaranji. The samples on this research are X MIA 2 as an experiment class and X MIA 1 as a control class that chosen based on material suitability on class X. Technique of sampling based on random sampling. Techniques of collecting data are used test technique in multiple choices and non-test technique in questionnaire and observation sheet. Techniques of hypothesis data analysis are used normality test, homogeneity test, and manova test. Students average cognitive result of experiment class is 83,00 and control class is 74,99. Students average psychomotor result of experiment class is 85,62 and control class is 72,69. The result of hypothesis test usemanova is p<0,05with significance differences 0,001. Based on the result, in can be concluded that there is an impact of the application of Pocket Book Diversity of Mollusca (Gastropods and Bivalves) on Invertebrate sub concept on student learning outcome of class X in MA Alkhairiyah Rancaranji | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 23 Nov 2021 11:51 | |||||||||
Last Modified: | 23 Nov 2021 11:51 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8964 |
Actions (login required)
View Item |