Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PEMBUATAN POSTER ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS VIII DI SMPN 1 BALARAJA

NUFUS, HAYATI (2018) PENGARUH PEMBUATAN POSTER ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS VIII DI SMPN 1 BALARAJA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH PEMBUATAN POSTER ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS VIII DI SMPN 1 BALARAJA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan keterampilan berpikir sebaiknya sudah mencapai keterampilan berpikir tingkat tinggi atau HOTS (Higher Order Thinking Skills) yang ditinjau dari ranah kognitif pada taksonomi bloom berada pada level analisis, evaluasi dan mencipta. Namun pada pelaksaan pembelajaran guru masih belum mampu membuat pembelajaran efektif sehingga sampai pada kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembuatan poster ilmiah terhadap kemampuan berpikir kreatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Randomized Control Group Post Test dengan jumlah sampel sebanyak 62 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen dengan pembuatan poster ilmiah pada materi gangguan sistem ekskresi mendapatkan nilai test lebih tinggi (81) daripada kelas kontrol (59.6). Setelah uji rata-rata (uji-t) menunjukan hasil perbedaan tingkat kemampuan berpikir kreatif kelas kontrol dengan model kooperatif dengan kelas eksperimen yang membuat poster ilmiah. Hal ini dapat diartikan bahwa pembuatan poster ilmiah mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMukti Leksono, SurosoUNSPECIFIED
Thesis advisorTunjung Biru, LuluUNSPECIFIED
Additional Information: Thinking skills developed should have achieved Higher Order Thinking Skills (HOTS) which in terms of the cognitive domain of taxonomy is at the level of analysis, evaluation, and creation. However, the implementation of learning in school teachers is still not able to make effective learning so that it reaches high-level thinking skills. This study aims to determine the effect of scientific poster making on the ability to think creatively. The method used in this study is quasi-experimental with Randomized Control Group Post Test design with a total sample of 62 students. The results showed that the ability to think creatively in the experimental class by making scientific posters on the material of the excretion system had a higher test score (81) compared to the control class (59.6). After the average test (t-test) shows the results of differences in the level of creative thinking ability of the control class with the cooperative model with the experimental class that makes scientific posters. This can mean that the making of scientific posters influences students' creative thinking abilities.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84201-Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 23 Nov 2021 11:46
Last Modified: 23 Nov 2021 11:46
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8962

Actions (login required)

View Item View Item