Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM TIRTAYASA KOTA SERANG

MAYLAN SUNTARI, INDRI (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM TIRTAYASA KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM TIRTAYASA KOTA SERANG.PDF
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Menulis atau mengarang merupakan suatu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam pembelajaran berbahasa. Salah satu kompetensi dasar kemampuan menulis yang harus dikuasai siswa SMP kelas VII adalah menulis karangan deskripsi. Masalah yang ditemukan di lapangan adalah menulis masih dianggap sebagai kegiatan yang sulit, sehingga motivasi siswa untuk belajar menjadi berkurang. Masalah ini juga dilengkapi dengan guru yang kurang bervariasi dalam memilih metode belajar dan keterbatasan pendidik dalam menggunakan media belajar yang cocok untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik siswa untuk memulai menulis. Tujuan dari penelitian ini untuk menjawab pertanyaan “Bagaimana hasil kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media film pada siswa kelas VII SMP Islam Tirtayasa?”, “Bagaimana hasil kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media audio pada siswa kelas VII SMP Islam Tirtayasa?”, “Bagaimana perbedaan hasil pembelajaran menulis karangan deskripsi menggunakan media film dan media audio dalam kemampuan menulis karangan deskripsi pada pada siswa kelas VII SMP Islam Tirtayasa?”. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMP Islam Tirtayasa, dengan sampel yang diambil berupa satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol yang berjumlah masing-masing 20 murid. Dengan menggunakan menggunakan metode penelitian quasi eksperimen, dalam penelitian ini menggunakan dua kelompok yang diberi perlakuan berbeda. Berdasarkan hasil penelitian, Hasil uji pretest pada kelas eksperimen (VII A) dan posttest yang menggunakan metode dengan media film yaitu film pendek yang berjudul “Andai Seragam Bisa Berbicara” dalam menulis karangan deskripsi, memiliki selisih nilai rata-rata sebesar 16,45. Dan hasil uji pretest pada kelas kontrol (VII B) dan posttest yang menggunakan metode dengan media audio yaitu puisi yang berjudul “Dalam Doaku” dalam menulis karangan deskripsi, memiliki selisih nilai rata-rata 12,55. Selain dilihat dari nilai rata-rata hasil pretest dan posttest, hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis nilai signifikan untuk kelas eksperimen (VII A) adalah sebesar thitung 12,271 > 1,7298 ttabel. Sedangkan hasil uji hipotesis untuk kelas kontrol (VII B) adalah sebesar thitung 11,420 > 1,7298 ttabel. Setelah dibandingkan kelas eksperimen dan kelas kontrol pada penelitian ini, ternyata kelas eksperimen yang menggunakan metode dengan media film memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi dari pada menggunakan metode dengan media audio.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorErwin Juansah, DaseUNSPECIFIED
Thesis advisorIbnu Wahid, FaridUNSPECIFIED
Additional Information: Write or writing essays are languages skill that must be mastered by learners in learning the language. One of the basic competencies that must be mastered writing skills on seventh grade junior high school students are writing essays description. The Problems encountered in the field is still regarded as a writing activity that is difficult, so the students motivation to learn is reduced. This issue also comes with teachers less variable in choosing learning methods and limitations in the use of media educators learn which to make the learning process more interesting students to start writing. The purpose of this study was to answer the question "How did your essay writing skills by using a description of the film media in class VII student of SMP Islam Tirtayasa?" "How's the ability to write essays descriptions using audio media in class VII SMP Islam Tirtayasa?", "How are learning outcomes essay writing descriptions using the medium of film and audio media in the ability to write essay descriptions on the class VII SMP Islam Tirtayasa?", Research was conducted on students of class VII SMP Islam Tirtayasa, with samples taken in the form of an experimental class and the control class amount 20 students each. By using a quasi-experimental research methods, this study used two groups were given different treatment. Based on the research results, The result of the experimental class pretest (VII A) and post-test using the method with the medium of film is a short film titled "Andai Seragam Bisa Berbicara" in the essay writing descriptions, has a difference of an average value of 16.45. Pretest and test results in the control group (VII B) and post-test using the method with audio media that poem titled "Dalam Doaku" in the essay writing descriptions, has a difference of an average value of 12.55. Besides the views of the average value of pretest and posttest results, it can be seen from the results of hypothesis testing significant value to the experimental class (VII A) amounted to 12.271 t> 1.7298 ttabel. While the results of hypothesis testing to control class (VII B) amounted to 11,420 t> 1.7298 ttabel.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 23 Nov 2021 11:44
Last Modified: 23 Nov 2021 11:44
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8961

Actions (login required)

View Item View Item