Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PEMANFAATAN ALAT PERMAINAN OUTDOOR TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Kuantitatif di PAUD Kelurahan Serang Kota Serang Provinsi Banten)

Himma Nizrina, Elena (2018) PENGARUH PEMANFAATAN ALAT PERMAINAN OUTDOOR TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Kuantitatif di PAUD Kelurahan Serang Kota Serang Provinsi Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH PEMANFAATAN ALAT PERMAINAN OUTDOOR TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Kuantitatif di PAUD Kelurahan Serang Kota Serang Provinsi Banten).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan motorik kasar merupakan kemampuan gerak yang menggunakan otot-otot besar otot tangan, otot kaki dan sebagian besar membutuhkan koordinasi seluruh anggota tubuh anak. Kemampuan motorik kasar memiliki jenis gerak yang harus dimiliki setiap anak karena sangat berguna bagi perkembangan dan pertumbuhannya. Jenis gerak terbagi menjadi tiga bagian yaitu kemampuan gerak lokomotor, kemampuan gerak non-lokomotor dan kemampuan gerak manipulatif. Alat permainan outdoor bisa menjadi sarana yang sangat membantu dalam perkembangan dan belajar anak secara menyeluruh, terutama perkembangan dan belajar fisik motorik. Sejalan dengan pemikiran tersebut dilakukanlah penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan alat permainan outdoor terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini dilakukan di 12 Sekolah PAUD Kelurahan Serang, Kota Serang, Provinsi Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei. Populasi dari semua sekolah tersebut berjumlah 215 anak dan dengan sampel berjumlah 68 anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket, pedoman wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata kemampuan motorik kasar anak yaitu 21,12 menunjukan pengaruh yang signifikan (21,12 ≥ 1,658) artinya ada pengaruh pemanfaatan alat permainan outdoor terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di 12 PAUD Kelurahan Serang. Dengan demikian, pemanfaatan alat permainan outdoor sangat bermanfaat untuk mengembangkan seluruh aspek perkembangan fisik motorik khsusnya kemampuan motorik kasar.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRosidah, LailyUNSPECIFIED
Thesis advisorMaryani, KristianaUNSPECIFIED
Additional Information: The gross motoric skill is an ability to use large muscles of arms and legs which are largely needed the coordination of all parts of the child’s body. The every child should have some types of the gross motoric skill which are very useful for his/her further development and growth. The types of movement are three: non loco- motoric movements, loco-motoric movements, and manipulative movements. The outdoor game tools can be the learning media to enable the child development and learning simultaneously and comprehensively, especially physical motoric development and learning. In line with this thought, this research has been conducted. This research was aimed to know the effect of the utilities of the outdoor game tools toward the children’s gross motoric skills of 4-5 years old. This research was conducted in 12 Early Childhood Education Schools located in Serang Village, Serang Municipality, Banten Province. As for the research method of researcher is quantitative research with survey. The population of the research involved are some 215 children and 68 children as its sample. The research instrument used in this study are three: questionnaires, interview guide and documentation. The quantitative data analysis was using Microsoft Excel.The research finding shows that the average result of the children gross motoric skill is 21.12 indicating significant effect (21,12 ≥ 1,658), which means that the utilities of the outdoor game tools towards the gross motoric ability of the 4-5 years old children in 12 Early Childhood Education School in Serang Village are very useful to develop further all aspect of the children physical motoric, particularly their gross motoric skills.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 23 Nov 2021 11:42
Last Modified: 23 Nov 2021 11:42
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8960

Actions (login required)

View Item View Item