Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERINTEGRASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA TEMA AIR TERCEMAR MENJADI BERSIH

NURKHOLIFAH, EFA (2019) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERINTEGRASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA TEMA AIR TERCEMAR MENJADI BERSIH. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERINTEGRASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA TEMA AIR TERCEMAR MENJADI BERSIH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning (PjBL) terintegrasi science, technology, engineering, and mathematics (STEM) terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada tema air tercemar menjadi bersih. Penelitian ini dilakukan di SMPN 8 Kota Serang pada bulan Mei 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, desain penelitian ini adalah non-equivalent control group design, dan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII A (kelas eksperimen) yang terdiri dari 32 peserta didik dan kelas VII B (kelas kontrol) yang terdiri dari 28 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah tes literasi sains, angket sikap sains, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model PjBL terintegrasi STEM terhadap kemampuan literasi sains pada aspek pengetahuan dan kompetensi (p 0,05) dengan perolehan rata-rata skor literasi sains peserta didik pada aspek pengetahuan dan kompetensi yaitu 62,92 8,32. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model PjBL terintegrasi STEM terhadap kemampuan literasi sains pada aspek sikap (p 0,05) dengan perolehan rata-rata skor literasi sains peserta didik pada aspek sikap yaitu 76,04 8,17.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSjaifuddin, SjaifuddinUNSPECIFIED
Thesis advisorPrasetyaningsih, PrasetyaningsihUNSPECIFIED
Additional Information: This study aims to determine the effect of project based learning (PjBL) model integrated science, technology, engineering, and mathematics (STEM) on students’ scientific literacy ability in theme of polluted water become clean. This research was conducted at Junior High School State 8 Serang City in May 2019. The research method used was quasi-experiment, the design of this study is a non- equivalent control gorup design, and the sample in this study were class VII A (experimental class) consisting of 32 students and class VII B (group class) consisting of 28 students. The instruments used were scientific literacy tests, questionnaire science attitudes, and observation sheets. The result showed that there was a significant effect of PjBL model integrated STEM for students’ scientific literacy on knowledge and competency aspects (p 0,05) with the mean score students’ scientific literacy on knowledge and competency aspects were 62,92 8,32. The result also showed that there was no a significant effect of PjBL model integrated STEM for students’ scientific literacy on attitudes aspect (p 0,05) with the mean score students’ scientific literacy on attitudes aspect were 76,04 8,17.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84201-Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 23 Nov 2021 11:37
Last Modified: 23 Nov 2021 11:37
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8958

Actions (login required)

View Item View Item