Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK KELAS VII PADA TEMA KOTORNYA LINGKUNGANKU

AYUNI, AMNAH (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK KELAS VII PADA TEMA KOTORNYA LINGKUNGANKU. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK KELAS VII PADA TEMA KOTORNYA LINGKUNGANKU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap sikap peduli lingkungan peserta didik kelas VII pada tema kotornya lingkunganku. Penelitian ini dilakukan di SMPN 13 Kota Serang pada Tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, desain penelitian ini adalah non-equivalent control group design, dan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII D (kelas eksperimen) yang terdiri dari 30 peserta didik dan kelas VII A (kelas kontrol) yang terdiri dari 33 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah angket sikap peduli lingkungan dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model PBL terhadap sikap peduli ingkungan peserta didik kelas VII pada tema kotornya lingkunganku dengan hasil perolehan rata-rata skor sikap pedul lingkungan yaitu (p < 0,05) atau 89,37 ± 5,15.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMukti Leksono, SurosoUNSPECIFIED
Thesis advisorDian Aprelia Resti, VicaUNSPECIFIED
Additional Information: This study was to study the effect of the problem based learning (PBL) on environmental attittudes of the students in grade VII on the dirty theme of may environment. This research was conducted at SMPN 13 Kota Serang city 2019/2020 school year. The research method used was quasi-experimental, the design of this study was non-equivalen design of the control group, and the sample in this study was class VII D (experimental class) conisting of 30 students and class VII A (control class) conisting of 33 students. The instruments used were environmental care questionnaire and observation sheet. The results showed a significan influence on the application of the PBL model to the caring attitude of VII grade students on the dirty theme of my environment with the results of the average score of caring for the environment (p < 0,05) or 89,37 ± 5,15
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84201-Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 23 Nov 2021 11:34
Last Modified: 23 Nov 2021 11:34
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8956

Actions (login required)

View Item View Item