Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK (VAK) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTOR SISWA KELAS XI PADA SUBKONSEP STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DI SMA NEGERI 1 JAWILAN KABUPATEN SERANG

PUTRI SETYANI, NITA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK (VAK) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTOR SISWA KELAS XI PADA SUBKONSEP STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DI SMA NEGERI 1 JAWILAN KABUPATEN SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK (VAK) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTOR SISWA KELAS XI PADA SUBKONSEP STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DI .PDF
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran visual auditori kinestetik terhadap kemampuan kognitif dan psikomotor siswa pada subkonsep struktur dan fungsi sel kelas XI SMA Negeri 1 Jawilan Kabupaten Serang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain randomized control group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jawilan Kabupaten Serang pada tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes objektif berupa pilihan ganda dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata postest kognitif pada kelas kontrol adalah 69 dalam kategori cukup dan kelas eksperimen 76 dalam kategori baik. Nilai keterampilan psikomotor siswa di kelas kontrol adalah 84 dalam kategori baik dan kelas eksperimen 90 dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model VAK terhadap kemampuan kognitif dan psikomotor siswa pada subkonsep struktur dan fungsi sel kelas XI di SMA Negeri 1 Jawilan Kabupaten Serang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMarianingsih, PipitUNSPECIFIED
Thesis advisorJuwita Sari, IndahUNSPECIFIED
Additional Information: The research aimed to know the influence of Visual Auditory and Kinesthetic (VAK) learning model toward’s student’s cognitive and psychomotor abilities in sub-concept cell structure and fungction at 11th grade in SMA Negeri 1 Jawilan Kabupaten Serang. This research is a quasy-experimental study using the randomized control group prettes-posttest design. The population of this research is all the student at 11th grade in SMA Negeri 1 Jawilan Kabupaten Serang on academic 2107/2018 year. The research samples were XI IPA 1 as the experimental class and XI IPA 2 as the control class by random technique sampling. The technique of collecting data of this researched objectives tests with the multiple choice and observation sheets. The result of this research showed that the average posttest cognitive in the control class was 69 in the fulfilled category and the experimental class 76 in the category of good. The psychomotor skills students in the class the control is 84 in the category good and the experimental class 90 in excellent category. The result showed that there was an influence of VAK learning model towards student’s cognitive and psychomotor skills in sub-concept cell structure and fungction at 11th grade in SMA Negeri 1 Jawilan Kabupaten Serang.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 23 Nov 2021 11:31
Last Modified: 23 Nov 2021 11:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8955

Actions (login required)

View Item View Item