Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBKONSEP SISTEM RESPIRASI MANUSIA KELAS XI DI SMA NEGERI 8 KOTA SERANG

ARNAH, SITI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBKONSEP SISTEM RESPIRASI MANUSIA KELAS XI DI SMA NEGERI 8 KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBKONSEP SISTEM RESPIRASI MANUSIA KELAS XI DI SMA NEGERI 8 KOTA SERANG.PDF
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Tandur terhadap hasil belajar siswa pada subkonsep sistem respirasi manusia kelas XI di SMAN 8 Kota Serang. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian randomized control group only. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 8 Kota Serang kelas XI semester genap tahun ajaran 2018/2019. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 8 Kota Serang. Sampel penelitian yaitu XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan observasi. Data kognitif dianalisis menggunakan uji t dengan taraf kepercayaan 95 % diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Data psikomotor dianalisis menggunakan uji Mann Whitney diperoleh nilai signifikansi 0,010 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan kognitif siswa pada kelas kontrol sebesar 63 dengan kategori cukup dan pada kelas eksperimen sebesar 78 dengan kategori baik. Nilai rata-rata kemampuan psikomotor siswa pada kelas kontrol sebesar 89 dengan kategori baik sekali dan pada kelas eksperimen sebesar 94 dengan kategori baik sekali. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tandur berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada subkonsep sistem respirasi di SMAN 8 Kota Serang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorErmila Hendriyani, MilaUNSPECIFIED
Thesis advisorRifqiawati, IkaUNSPECIFIED
Additional Information: This study aimed to observe the influence of tandur learning model of learning outcomes in the concept sub of respiration system at 11’st grade classes of SMAN 8 Kota Serang. This research was a quasi experiment with randomized control group design only. The research was conducted in SMAN 8 Kota Serang at 11’st grade classes in even semester of 2018/2019. The population of the research was all students at 11’st sains grade classes of SMAN 8 Kota Serang. The sample of the research was XI sains 1 as controlled class and XI sains 3 as experimental class with the technique of simple random sampling. Data collection technique used tests and observation. The data analysis of cognitive were obtained significance value 0,000 < 0,05 at 95% reliability t test. The data analysis of psychomotor were obtained significance value 0,010 < 0,05 at Mann Whitney test. The average of student’s learning cognitive result on controlled class was 63 with the category of satisfactory and on experimental class was 78 with the category of good. The average of student’s learning psychomotor result on controlled class was 89 with the category of very good and on experimental class was 94 with the category of very good. Therefore it can be conclude that there was effect of Tandur learning model toward student learning outcomes in the concept sub of respiration system of SMAN 8 Kota Serang.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 23 Nov 2021 11:23
Last Modified: 23 Nov 2021 11:23
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8951

Actions (login required)

View Item View Item