Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI MANUSIA

RAMADHANTI, RISKA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI MANUSIA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI MANUSIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem ekskresi. Metode yang digunakan yaitu quasy eksperiment dengan desain penelitian non equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Cileles pada bulan Mei tahun 2019. Sampel yang digunakan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan kognitif, angket sikap afektif, angket praktikum psikomotorik dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model SAVI terhadap hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik (p < 0,05) dengan perolehan rata-rata kemampuan kognitif kelas eksperimen 79,0 dan kelas kontrol 44,8. Kemampuan afektif kelas eksperimen 79,6 dan kelas kontrol 65,0. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) berpengaruh pada hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik siswa pada konsep sistem ekskresi manusia di kelas VIII SMP Negeri 2 Cileles.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSjaifuddin, SjaifuddinUNSPECIFIED
Thesis advisorDian Aprelia Resti, VicaUNSPECIFIED
Additional Information: This research designed to determine effect of Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) learning models on student learning aoutcomes on the concept of excretion system. The method used is quasy experiment with a non equivalent control group design. This research was conducted at SMP Negeri 2 Cileles in May 2019. The sample used was class VIII B as an experimental class and class VIII A as a control class.The instruments used were cognitive abilities tests, affective attitude questionnaires, psychomotor practicum questionnaires and observation sheets. The results showed that there was a significant influence on the application of the SAVI model to cognitive, affective and psychomotor learning outcomes (p <0.05) with an average cognitive ability of experimental class 79.0 and control class 44.8. Affective abilities of the experimental class 79.6 and the control class 65.0. Based on the results of research, data processing and analysis, it can be concluded that the Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) learning model influences students' cognitive, affective and psychomotor learning outcomes on the concept of the human excretion system in class VIII of SMP Negeri 2 Cileles.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84201-Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 23 Nov 2021 11:22
Last Modified: 23 Nov 2021 11:22
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8950

Actions (login required)

View Item View Item