Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN

NURINSANI FADHILAH, NISA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap keterampilan proses sains pada konsep pencemaran lingkungan. Penelitian dilaksanakan pada bulan April s.d Mei Tahun Ajaran 2017/2018 di SMP Negeri 4 kota Serang. Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik claster sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa lembar observasi keterampilan proses sains dan tes uraian keterampilan proses sains. Analisis data menggunakan uji independent sampel T Test dengan taraf signifikan 0,05. Data hasil analisis menunjukan terdapat perbedaan rata-rata anatar kelas kontrol dan kelas eksperimen, nilai Sig.(2-tailed) post test lebih kecil dari 0,05 (0,000 0,05), artinya terdapat pengaruh model pembelajaran SSCS terhadap keterampilan proses sains pada konsep pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRomlah Noer Hodijah, SitiUNSPECIFIED
Thesis advisorTunjung Biru, LuluUNSPECIFIED
Additional Information: This study aims to know the influence of Search, Solve, Create and Share (SSCS) learning model on science process skills in environmental pollution concept. This study was conducted April - May 2018 in SMP Negeri 4 kota Serang. Quasi experiment was used as a method of this study with nonequivalent control group design. The sampel was taken by using cluster sampling. The sampel in this study consisted of two classes, namely class VII A as an experimental class and class VII C as a control class. The data took by using science process skill test instrument and observation sheet of science process skills. Independent test sample T Test with a significant level 0.05 used for analysis of data. The data from the analysis shows that there is a difference in the average of the control class and experimental class, the value of Sig. (2-tailed) post test is smaller than 0.05 (0.000 <0.05), it means that there is an influence of SSCS model on science process skills in environmental pollution concept.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84201-Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 23 Nov 2021 11:19
Last Modified: 23 Nov 2021 11:19
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8944

Actions (login required)

View Item View Item