FADILA, ANNISA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA PADA KONSEP GELOMBANG (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA PADA KONSEP GELOMBANG (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Serang).pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap kemampuan komunikasi siswa pada konsep gelombang. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Sampel penelitian ini terdiri dari 66 siswa kelas VIII di SMPN 2 Kota Serang pada tahun ajaran 2017/2018 yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi tertulis materi gelombang dan lembar observasi komunikasi lisan. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test, hasil tes siswa dianalisis menggunakan program IBM SPSS Statistic 20. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap kemampuan komunikasi siswa pada konsep gelombang di kelas eksperimen. Hasil penelitian ini dibuktikan dari nilai signifikansi uji t-test sebesar 0,000 (p value (sig) 0,005) yang berarti hipotesis diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi siswa pada konsep gelombang.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | This study aims to determine the effect of problem based learning models (problem based learning) on students' communication skills in the concept of waves. This research is a quasi-experimental study with a nonequivalent control group design. The sample of this study consisted of 66 class VIII students at Serang 2 Public Junior High School in the 2017/2018 school year who were selected using the cluster sampling technique. The research instrument used in this study was a test of the wave material's written communication ability and an oral communication observation sheet. The data analysis technique uses the independent sample t-test, the student test results are analyzed using the IBM SPSS Statistics 20. The results of this study indicate the effect of problem based learning on students' communication skills in the wave concept in the experimental class. The results of this study are proven from the significance value of the t-test test of 0,000 (p value (sig) 00 0,005) which means the hypothesis is accepted. The results of this study indicate that the application of problem-based learning models (problem based learning) influences students' communication skills in the wave concept. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84201-Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 23 Nov 2021 10:35 | |||||||||
Last Modified: | 23 Nov 2021 10:35 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8941 |
Actions (login required)
View Item |