Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI DRAMA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 KOTA SERANG

Indriyani, Hartinah (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI DRAMA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI DRAMA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 KOTA SERANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap kemampuan pemahaman konsep materi drama, mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap kemampuan pemahaman konsep materi drama, dan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran Make A Match dan model pembelajaran Cooperative Script terhadap kemampuan pemahaman konsep materi drama siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang bersifat kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Desain Pemodelan SMK Negeri 2 Kota Serang. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas XI Desain Pemodelan (DP) 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI DP 1 sebagai kelas kontrol. Hasil menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes pemahaman konsep materi drama siswa kelas eksperimen sebesar 60,7 dan kelas kontrol 57,8. Adapun setelah diberi perlakuan model pembelajaran Make A Match nilai rata-rata postes siswa kelas eksperimen sebesar 81,7 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol setelah diberi perlakuan model pembelajaran Cooperative Script sebesar 76,3. Berdasarkan hasil tersebut, terlihat adanya perbedaan yang signifikan, yakni nilai yang menggunakan model pembelajaran Make A Match lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make A Match lebih baik dibandingkan model pembelajaran Cooperative Script untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep materi drama siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kota Serang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRosidin, OdienUNSPECIFIED
Thesis advisorFirmansyah, DodiUNSPECIFIED
Additional Information: The aimed of the research were to know influence make a match learning model toward comprehension ability of concept material drama, to know influence cooperative script learning model toward comprehension ability of concept material drama, and to know differences influence make a match learning model and cooperative script learning model toward comprehension ability of concept material drama of students eleventh grade of SMK NEGERI 2 KOTA SERANG. The resarch using experiment method which is quantitative. The population of the research was all of the students eleventh grade Modeling Design (DP) of SMK NEGERI 2 KOTA SERANG. The sample that used consist two classes, that was class XI Modeling Design (DP) 5 as an experimental class and class XI DP 1 as a control class. The result showed that average score of pretes comprehension of concept material drama students experimental class was 60.7 and 57.8. After given a treatment using make a match learning model, average score of postest students experimental class was 81.7 and the average score of postest of the control class after given a tretment using coperative script learning model was 76.3. Based on these results, a significant difference is seen, namely the score using the make a match learning model is higher than using the cooperative script learning model so that it can be concluded that the make a match learning model is better than the cooperative script learning model to improve the comprehension ability of concept material drama of students eleventh grade of SMK Negeri 2 Kota Serang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 23 Nov 2021 10:25
Last Modified: 23 Nov 2021 10:25
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8936

Actions (login required)

View Item View Item