Indriyani, Hartinah (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI DRAMA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI DRAMA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 KOTA SERANG.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap kemampuan pemahaman konsep materi drama, mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap kemampuan pemahaman konsep materi drama, dan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran Make A Match dan model pembelajaran Cooperative Script terhadap kemampuan pemahaman konsep materi drama siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang bersifat kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Desain Pemodelan SMK Negeri 2 Kota Serang. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas XI Desain Pemodelan (DP) 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI DP 1 sebagai kelas kontrol. Hasil menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes pemahaman konsep materi drama siswa kelas eksperimen sebesar 60,7 dan kelas kontrol 57,8. Adapun setelah diberi perlakuan model pembelajaran Make A Match nilai rata-rata postes siswa kelas eksperimen sebesar 81,7 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol setelah diberi perlakuan model pembelajaran Cooperative Script sebesar 76,3. Berdasarkan hasil tersebut, terlihat adanya perbedaan yang signifikan, yakni nilai yang menggunakan model pembelajaran Make A Match lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make A Match lebih baik dibandingkan model pembelajaran Cooperative Script untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep materi drama siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kota Serang.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | The aimed of the research were to know influence make a match learning model toward comprehension ability of concept material drama, to know influence cooperative script learning model toward comprehension ability of concept material drama, and to know differences influence make a match learning model and cooperative script learning model toward comprehension ability of concept material drama of students eleventh grade of SMK NEGERI 2 KOTA SERANG. The resarch using experiment method which is quantitative. The population of the research was all of the students eleventh grade Modeling Design (DP) of SMK NEGERI 2 KOTA SERANG. The sample that used consist two classes, that was class XI Modeling Design (DP) 5 as an experimental class and class XI DP 1 as a control class. The result showed that average score of pretes comprehension of concept material drama students experimental class was 60.7 and 57.8. After given a treatment using make a match learning model, average score of postest students experimental class was 81.7 and the average score of postest of the control class after given a tretment using coperative script learning model was 76.3. Based on these results, a significant difference is seen, namely the score using the make a match learning model is higher than using the cooperative script learning model so that it can be concluded that the make a match learning model is better than the cooperative script learning model to improve the comprehension ability of concept material drama of students eleventh grade of SMK Negeri 2 Kota Serang | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 23 Nov 2021 10:25 | |||||||||
Last Modified: | 23 Nov 2021 10:25 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8936 |
Actions (login required)
View Item |