Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERBEDAAN PEMAHAMAN KONSEP KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS TEACHER HERE DENGAN METODE PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Kelas IV di SD Negeri Pandeglang 6 Kecamatan Pandeglang, Banten)

HARTINAH, SITI (2018) PERBEDAAN PEMAHAMAN KONSEP KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS TEACHER HERE DENGAN METODE PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Kelas IV di SD Negeri Pandeglang 6 Kecamatan Pandeglang, Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PERBEDAAN PEMAHAMAN KONSEP KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS TEACHER HERE DENGAN METODE.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

This study This study aims to determine the ability to understand the concept of learners using the method of learning Everyone Is A Teacher Here with learnes using the method of learning Head Together. The type of research used is quasi experiments that are non equivalentcontrolgroup design. Sampling is done by using purposive sampling technique. The selected sample was class IV A as the experimental class 1 received treatment and IV B as the experiment 2 class that received treatment as well. Based on pretest data processing, the average value of the experimental class students 1 32,19while the experiment class 2 is 31,21. After the learning, both classes were given posttest obtained by the average of the students' comprehension achievement result on the subjects of IPS class experiment 1 for 85,67 while the experimental class 2 80,95 from the average difference test result. To test the hypothesis used inferential test. Based on the results of the right posttest obtained t-hitung = 2,81 and ttable = 1.67. The results can be concluded that the ability to understand the concept of learners on IPS subjects that use the method Everyone Is A Teacher Here better than the learners who use the method of Head Head Together

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorJamaludin, UjangUNSPECIFIED
Thesis advisorNurhasanah, AnaUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Heredengan peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Number Head Together. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen yang berbentuk non equivalen controlgroup design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen 1 yang mendapat perlakuan dan IV B sebagai kelas eksperimen 2 yang mendapat perlakuan juga. Berdasarkan pengolahan data pretest diperoleh nilai rata – rata peserta didik kelas eksperimen 1 32,19 sedangkan kelas eksperimen 2 sebesar 31,21. Setelah pembelajaran, kedua kedua kelas diberikan posttest diperoleh rata – rata hasil kemamapuan pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas eksperimen 1 sebesar 85,67 sedangkan kelas eksperimen 2 80,95 dari hasil uji beda rata – rata. Utnuk menguji hipotesis digunakannuji inferensial. Berdasarkan hasil uji pihak kananposttest diperoleh t-hitung = 2,81dan t-tabel = 1,67. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran IPS yang menggunakan metode Everyone Is A Teacher Here lebih baik dari pada peserta didik yang menggunakan metode Number Head Together
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 15:55
Last Modified: 22 Nov 2021 15:55
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8921

Actions (login required)

View Item View Item