Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERBEDAAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION “TAI” DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS

Anggraeni, Anggi (2018) PERBEDAAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION “TAI” DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PERBEDAAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION “TAI” DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

The purpose of this research is to know the difference of critical thinking ability of students using cooperative learning model of TAI type "Team Assisted Individualization" and students using direct learning model in grade V students SDN Cembeh academic year 2018/2019. This research method used Quasi Experiments with population of 64 students which then divided into 2 groups of classes that is experimental class using cooperative learning model type TAI "Team Assisted Individualization" with the number of 32 students and control class by using direct learning model with the number of students 32. The conclusion obtained by the calculation results, obtained t count> t table of 39.494.9 ≥ 2,003.6, according to the basis of decision-making in t-test, it can be concluded H_o rejected and H_α accepted, which means there are differences in thinking skills Critical students using Cooperative Learning Model type TAI "Team Assisted Individualization" with students using the Direct Learning Model. Then Value t arithmetic> t table or 39.4949> 1.6706 which means H_o rejected and H_α accepted. According to the hypothesis testing 2 if H_o <α then H_α is accepted, which means that according to the use of cooperative learning model TAI type "Team Assisted Individualization" is better than students who use direct learning model on Social Science subject.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNurhasanah, AnaUNSPECIFIED
Thesis advisorAsih, IndhiraUNSPECIFIED
Additional Information: Proses pembelajaran terjadi apabila terdapat interaksi antara peserta didik dengan lingkungan belajar yang diatur pendidik untuk mencapai tujuan pendidik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI “Team Assisted Individualization” dan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung pada siswa kelas V SDN Cembeh tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian ini menggunakan Kuasi Eksperimen dengan populasi berjumlah 64 siswa yang kemudian terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI “Team Assisted Individualization”dengan jumlah 32 siswa dan kelas kontrol dengan meggunakan model pembelajaran langsung dengan jumlah siswa 32. Hasil penelitian yang didapat berdaarkan hasil perhitungan, diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 38,09 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 32,43 Nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pretest tidak jauh berbeda dan hasil yang di dapat dari kedua kelas tersebut tidak terdapat perbedaan. Hal ini menunjukan data awal sama.Untuk postest pada kelas eksperimen memproleh nilai rata-rata 84,28, sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 45,18. Sehingga kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan, yaitu data tes kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe TAI lebih baik jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 15:39
Last Modified: 22 Nov 2021 15:39
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8917

Actions (login required)

View Item View Item