Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 2 PANDEGLANG

SAKILAH, DHIVA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 2 PANDEGLANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 2 PANDEGLANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif STAD terhadap hasil belajar sosiologi siswa di SMA Negeri 2 Pandeglang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Post Test Only Control Group Design. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Pandeglang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian di uji validitas dan reliabilitas sehingga layak digunakan. Analisis data terlebih dahulu menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas data, setelah data dinyatakan normal dan homogen, dilanjutkan dengan statistik lanjut menggunakan uji t pada taraf signifikansi 0,05. Dari hasil uji t diperoleh Sig 0,023 < 0,05, artinya ada perbedaan hasil belajar sosiologi dengan model pembelajaran STAD lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorJuanda, SastraUNSPECIFIED
Thesis advisorKuntari, SeptiUNSPECIFIED
Additional Information: This research examined the cooperative learning model of the Student Team Achievement Division. The purpose of this research was to determine the effect of the STAD cooperative learning model on the sociology learning outcomes of students in Pandeglang 2 High School. The method used in this research is a quasi-experimental design with Post Test Only Control Group Design. The subject of the research were students of class X IPS in SMA 2 Pandeglang. The sampling technique used purposive sampling technique. The instruments used in the research tested the validity and reliability so that it is feasible to use. Data analysis first using the normality test and the homogeneity test of the data, after the data are normal and homogeneous, followed by further statistics using the t test at the 0.05 significance level From the results of the t test obtained Sig 0.023 < 0.05, meaning that there are differences in sociology learning outcomes with the STAD learning model more influential on student learning outcomes compared with student learning outcomes using conventional learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87204-Jurusan Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 15:37
Last Modified: 22 Nov 2021 15:37
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8889

Actions (login required)

View Item View Item