Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KONEKSI MATEMATIS PADA SISWA SMP

Aulia Meiliana Nurhayat, Dina (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KONEKSI MATEMATIS PADA SISWA SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KONEKSI MATEMATIS PADA SISWA SMP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan Penalaran matematis dan kemampuan koneksi matematis pada siswa SMP. Sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan tersebut. Model pembelajaran inkuiri diyakini mampu meningkatkan kemampuan penlaran matematis dan koneksi matematis pada siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Kota Tangerang tahun ajaran 2018/2019 yang bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan penalaran matematis dan koneksi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-eksperimental dengan jenis desain the nonequivalent pre-test post-test control group design. Penelitian ini melibatkan dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Tangerang. Sampel penelitian ini adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan VIID sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes kemampuan Penalaran matematis dan instrumen tes kemampuan koneksi matematis. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan penalaran matematis tetapi tidak memberikan pengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Selain itu, terdapat hubungan yang positif antara kemampuan penalaran matematis dengan kemampuan koneksi matematis.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPujiastuti, HeniUNSPECIFIED
Thesis advisorEtika, KhaerunnisaUNSPECIFIED
Additional Information: This research is motivated by the low mathematical reasoning ability and mathematical connection ability in middle school students. So that a learning model is needed that can enhance this ability. Inquiry learning model is believed to be able to improve reasoning ability and mathematical connection in students. This research was carried out in Tangerang City Public Middle School 5 in 2018/2019 academic year which aims to see the influence of inquiry learning models on students' mathematical reasoning abilities and mathematical connections. The research method used in this study is quasi-experimental with the type of design that is nonequivalent pre-test post-test control group design. This study involved two classes consisting of the experimental class and the control class. The population in this study were all eighth grade students of SMP Negeri 5 Kota Tangerang. The sample of this study was class VII C as the experimental class and VIID as the control class. The instruments used in this study were mathematical reasoning ability test instruments and mathematical connection ability test instruments. The results of the study provide the conclusion that the influence of the inquiry learning model on mathematical reasoning abilities but does not influence students' mathematical connection skills. In addition, there is a positive relationship between mathematical reasoning ability and mathematical connection ability.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 15:35
Last Modified: 22 Nov 2021 15:35
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8884

Actions (login required)

View Item View Item