Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS

MULTI KARTIKA, THAMARA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan literasi dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang dinilai masih rendah yang dilihat dari hasil penilaian internasional PISA dan TIMSS. Salah satu alternatif yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran inkuiri, karena model ini dapat membantu kemampuan literasi dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Hubungan model pembelajaran inkuiri dapat membantu kemampuan literasi matematis lebih kepada proses pembelajaran inkuiri yang menunntut untuk siswa aktif, guru mengajukan pertanyaan memancing, lembar kerja siswa yang memuat kemampuan literasi matematis, terdapat pemecahan masalah, kegiatan penyelidikan, dan kegiatan diskusi kelompok. Hubungan model pembelajaran inkuiri dapat membantu kemampuan berfikir kreatif matematis lebih kepada tahapan dalam proses pembelajaran inkuiri yaitu ketika berfikir luwes membutuhkan tahapan merumuskan hipotesis, ketika berfikir orisinil membutuhkan tahapan menguji hipotesis dan ketika berfikir terperinci membuntuhkan tahapan mulai dari mengumpulkan data, merumuskan dan menguji hipotesis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pencapaian dan peningkatan kemampuan literasi dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran ekspositori dan apakah terdapat hubungan antara kemapuan literasi dan kemampuan berpikir kreatif matematis yang mendapatkan model pembelajaran inkuiri. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Penelitian ini melibatkan dua kelas yang terdiri dari kas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Kramatwatu. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan VIII D sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa insrumen tes kemampuan literasi dan kemampuan berpikir kreatif matematis. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan literasi dan kemampuan berpikir kreatif matematis kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol dan terdapat hubungan yang positif antara kemampuan literasi dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPujiastuti, HeniUNSPECIFIED
Thesis advisorKhaerunnisa, EtikaUNSPECIFIED
Additional Information: This research is motivated by the importance of mathematical literacy skills and abilities Students' creative thinking is still considered low, as seen from the results of international assessments PISA and TIMSS. One alternative that can be applied is inquiry learning model, because this model can help mathematical literacy skills and thinking skills creative students. The relationship of inquiry learning models can help literacy abilities mathematics is more about the inquiry learning process that is intended for active students, teachers ask fishing questions, student worksheets that contain literacy skills mathematics, there are problem solving, investigation activities, and discussion activities group. The relationship of the inquiry learning model can help creative thinking skills more to the stages in the inquiry learning process that is when thinking is flexible requires stages of formulating hypotheses, when original thinking requires stages testing hypotheses and when thinking in detail requires stages starting from collecting data, formulating and testing hypotheses. This research aims to knowing whether the achievement and improvement of mathematical literacy skills and creative thinking skills of students who get a guided inquiry learning model better than students who get the expository learning model and what there is a relationship between the ability of mathematical literacy and the ability to think creatively get inquiry learning model. The research method used is the method quantitative. This study involved two classes consisting of experimental and class cash control. The population of this study was all eighth grade students of Kramatwatu Middle School 1. Sample this study was class VIII C as the control class and VIII D as the experimental class. The instrumen used in this study was a literacy ability test instrumen mathematics and the ability to think creatively. The results of the study provide a conclusion that achievement and improvement of mathematical literacy skills and the ability to think creatively the experimental class is better than the control class and there is a positive relationship between mathematical literacy skills and students' creative thinking abilities.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 15:33
Last Modified: 22 Nov 2021 15:33
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8882

Actions (login required)

View Item View Item