Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA KONSEP TEKANAN ZAT

MAHARANI, SINDI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA KONSEP TEKANAN ZAT. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII P.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap literasi sains peserta didik pada konsep tekanan zat kelas VIII di SMPN 3 Cilegon. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen yaitu dengan teknik pengambilan data yang digunakan yaitu cluster sampling. Desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Instrument yang digunakan yaitu soal tes, lembar observasi dan lembar angket. Terdapat perubahan skor pretest dan posttest, dengan rata – rata nilai pretest sebesar 58,33 kemudian meningkat menjadi 71,33 hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan skor tes pada aspek konteks sebesar 15,96%, aspek kompetensi 13,38%, aspek pengetahuan 11,33%, dan aspek sikap 24,45%. Hasil uji t diperoleh nilai sebesar 0,001 ˂ 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas VIII SMPN 3 Cilegon

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSjaifuddin, SjaifuddinUNSPECIFIED
Thesis advisorPrasetyaningsih, PrasetyaningsihUNSPECIFIED
Additional Information: The purpose of this study was to determine the effect of guided inqury learning model on scientific literacy of students on the concept of substance pressure in junior high school 3 Cilegon. This research used a quasy experiment method and data collection technique used is cluster sampling. The research design used is nonequivalent control group design. The instrument used was a scientific literacy test where multiple choice, observation sheet and questionnaire sheet..There are changes to the pretest and posttest score, there was a change in the pretest and pottest score with an average pretest score of 58,33 then increased to71,33. this can be proven by an increase in the context aspect of 15,96%, aspects of competence 13,38%, aspects of knowledge 11,33% and aspects of attitude 24,45%. The results of the t test obtained an value of 0,001 ˂ 0,05. So it can be concluded that the guided inkuiri learning model influences the scientific literacy skills of class VIII student of junior high school 3 Cilegon.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84201-Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 15:27
Last Modified: 22 Nov 2021 15:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8875

Actions (login required)

View Item View Item