Dwijayanti, Ria (2019) PENGARUH MODEL INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KELANCARAN PROSEDURAL MATEMATIS SISWA (Penelitian Kuasi Eksperimen pada siswa SMP). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGARUH MODEL INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KELANCARAN PROSEDURAL MATEMATIS SISWA (Penelitian Kuasi Eksperimen pada siswa SMP).pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran inkuiri berpengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kelancaran prosedural matematis siswa SMP. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 9 Kota Serang semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling untuk memilih dua kelas, yaitu kelas eksperimen mendapatkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kontrol mendapatkan model pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemahaman konsep dan tes kemampuan kelancaran prosedural matematis siswa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : (1) Pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis yang mendapatkan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran ekspositori; (2) Pencapaian dan peningkatan kemampuan kelancaran prosedural matematis yang mendapatkan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran ekspositori; dan (3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman konsep dan kelancaran prosedural matematis siswa.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | This research is intended to know whether Inquiry model gives positive influence to the ability of concept understanding and the fluency of students’ Mathematical procedural at seventh grade of SMPN 9 Kota Serang, second semester of the student’s year 2018/2019. cluster random sampling technique is used to choose 2 classes, namely experiment class for giving the trearment of inquiry learning and control class for giving the trearment of expository learmig. The method used in this research is quasi experiment with pretest posttest control group design. The researcher used test as the instrument for measuring of the concept understanding and the fluency of students’ Mathematical procedural. The result of the research shows that: (1) Guided Inquiry Model gives positive influence to the ability of mathematical concept understanding , (2) Guided Inquiry Model gives positive influence to the fluency of students’ Mathematical procedural, and (3) there is a positive correlation between ability of concept understanding and fluency of students’ Mathematical procedural. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2021 14:14 | |||||||||
Last Modified: | 22 Nov 2021 14:14 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8871 |
Actions (login required)
View Item |