Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI (KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA SERANG)

AMALIA AFRRIDATUNNISA, SITI (2019) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI (KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA SERANG). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI (KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA SERANG).PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada konsep sistem ekskresi. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Kota Serang tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi-experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII I sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian berjumlah 78 siswa yang terdiri dari 39 siswa kelas eksperimen dan 39 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains (pretest dan postest) dan lembar observasi pelaksanaan model inkuiri terbimbing. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan proses sains siswa pada pre test mendapatkan skor rata-rata 49,23 dengan kriteria kurang dan pada post test mendapatkan skor rata-rata 75,25 dengan kriteria baik dan nilai rata-rata observasi pelaksanaan model inkuiri terbimbing yaitu 84% dengan kriteria baik. Hasil uji Independent Sample T Test pada taraf signifikasi α = 0,05 menunjukkan nilai signifikasi sebesar 0,00 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada konsep sistem ekskresi (kelas VIII SMPN 2 Kota Serang).

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNulhakim, LukmanUNSPECIFIED
Thesis advisorDian Aprelia Resti, VicaUNSPECIFIED
Additional Information: The purpose of this study was to wind out whetherthere is an effect of guided inquiry models on students science process skills in the concept of excretion systems. This research was conducted at 2 Junior High School Serang City of the 2017/2018 school year. The method used in this study is Quasi-experimental with the research design of Nonequivalent Control Group. The sample in this study consisted of two classes, namely class VIII H as the experimental class and class VIII I as the control class. The research subjects were 78 students consisted of 39 experimental class students and 39 control class students. The instrument used was a science process skills test (pretest and postest) and an observation sheet for the implementation of a guided inquiry model. The results of this study indicate an increase in science process skills students in the pre-test get an average score of 49.23 with less criteria and in the post test get an average score of 75.25 with good criteria and the average observation value of the implementation of the guided inquiry model is 84 % with good criteria. The Independent Sample T Test test results at the significance level α = 0.05 showed a significance value of 0.00 <0.05, then H0 was rejected and H1 was accepted. Based on these results it can be concluded that there is an effect of the use of guided inquiry learning model on science process skills of students in the concept of excretion system (class VIII of SMP 2 Serang City).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84201-Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 14:11
Last Modified: 22 Nov 2021 14:11
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8870

Actions (login required)

View Item View Item