Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL CORE DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen Tahun Ajaran 2018/2019)

SAFRINA WAHYUNINGTYAS, PUTRI (2019) PENGARUH MODEL CORE DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen Tahun Ajaran 2018/2019). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL CORE DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP. Sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan tersebut. Model pembelajaran CORE dengan pendekatan open ended diyakini mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa SMP. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 8 Kota Serang tahun ajaran 2018/2019 yang bertujuan untuk melihat pengaruh model CORE dengan pendekatan open ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain the nonequivalent pretest posttest control group design. Penelitian ini melibatkan dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota Serang. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan instrumen tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran CORE dengan pendekatan open ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan berpikir kreatif matematis.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSetiani, YaniUNSPECIFIED
Thesis advisorKhaerunnisa, EtikaUNSPECIFIED
Additional Information: This research is motivated by the low ability of problem solving and mathematical creative thinking skills of junior high school students. So that a learning model is needed that can enhance this ability. The CORE model with open ended approach is believed to be able to improve problem solving and mathematical creative thinking skills in junior high school students. The research was conducted in Junior High School 8 Serang 2018/2019 academic year which aim to see the influence of CORE model with open ended approach on problem solving and mathematical creative thinking skills of junior high school students. The research method used in this study is quasi-experimental with the type of design that is the nonequivalent pretest posttest control group design. This study involved two classes consisting of the experimental class and the control class. The population in this study were all students of class grade VII of Junior High School 8 Serang. The sample of this study was the VII A class as experimental class and VII E class as control class. The instrumen used in this study was a mathematical problem solving test instrument and a mathematical creative thinking test instrument. The result of the study provide the conclution that there is an influence of CORE model with open ended approach on problem solving and mathematical creative thinking skills.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 14:04
Last Modified: 22 Nov 2021 14:04
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8865

Actions (login required)

View Item View Item