Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMK NEGERI 2 PANDEGLANG

WINJANUARNI, ESY (2019) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMK NEGERI 2 PANDEGLANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMK NEGERI 2 PANDEGLANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kahoot terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah yang terdiri dari perbedaan dan peningkatan di SMK Negeri 2 pandeglang tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan adalah quasy eksperimen, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu dengan pertimbangan tertentu. Dalam hal ini kelas X TKJ 2 terpilih sebagai kelas kontrol dan TKJ 3 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian ini yaitu terdapat peningkatan hasil belajar sejarah dan memiliki perbedaan. Hasil belajar sejarah memiliki peningkatan yang signifikan karena media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini, diperoleh nilai sebesar 0,50 dengan kriteria sedang untuk kelas eskperimen dengan mengguakan media pembelajaran kahoot, sedangakn untuk kelas kontrol dengan menggunkan media pembelajaran power point atau pembelajaran konvensioal memperoleh nilai 0,29 dengan kriteria rendah. Hal tersebut dapat dilihat bahwa media pembelajaran kahoot memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa yang menggunkan media pembelajaran kahoot dan media power point memiliki perbedaan yang signifikan. Dari hasil belajar sejarah dengan materi kehidupan zaman praaksara pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran kahoot lebih baik dibandingkan pembelajaran yang menggunakan media power point. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata siswa pada posttest kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 58,28 dengan nilai terendah 35 dan tertinggi 80 dan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 69,33 dengan nilai terendah 35 dan nilai tertinggi 100. Dapat dilihat dari uji dua pihak dengan rumus polled varians yaitu (0,982 > ) maka ditolak diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran kahoot dengan menggunakan media pembelajaran power point. Media pembelajaran kahoot dapat dijadikan sebagai variasi dan alternatif media pembelajaran, hal tersebut dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMaryuni, YuniUNSPECIFIED
Thesis advisorGilang, M. IlhamUNSPECIFIED
Additional Information: This study aims to determine the effect of kahoot learning media on student learning outcomes in historical subjects consisting of differences and improvements at SMK Negeri 2 Pandeglang / (Vocational High School 2 Pandeglang) in 2019/2020. The method used was quasy experiment, the sampling technique in this study was purposive sampling with certain considerations. In this case TKJ 2 class X was chosen as the control class and TKJ 3 as the experimental class. The results of this study are that there is an increase in historical learning outcomes and have differences. History learning outcomes have a significant increase because the learning media used in this study, obtained a value of 0.50 with moderate criteria for experimental class using kahoot learning media, while for control class using power point learning media or conventional learning obtained a value of 0 , 29 with low criteria. It can be seen that kahoot learning media has an influence on student learning outcomes. Student learning outcomes using kahoot learning media and power point media have significant differences. From the results of learning history with the subject matter of pre-literary life learning using kahoot learning media is better than learning using power point media. This can be seen from the average results of students in the posttest control class getting an average value of 58.28 with the lowest value of 35 and the highest 80 and the experimental class obtained an average value of 69.33 with the lowest value of 35 and the highest value of 100 Can be seen from the two-party test with the polled variance formula (0.982> -1.33) then H_O is rejected H_a is accepted. Then it can be concluded that there are differences in student learning outcomes using kahoot learning media by using power point learning media.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87201-Jurusan Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 13:53
Last Modified: 22 Nov 2021 13:53
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8860

Actions (login required)

View Item View Item