Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MEDIA KOLASE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI PADA SISWA KELAS VII SMPN 7 KOTA SERANG

SRIWAHYUNI, DITA (2019) PENGARUH MEDIA KOLASE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI PADA SISWA KELAS VII SMPN 7 KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MEDIA KOLASE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI PADA SISWA KELAS VII SMPN 7 KOTA SERANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut. “Apakah terdapat pengaruh media kolase dalam keterampilan menulis teks narasi pada siswa kelas VII SMPN 7 Kota Serang?”, “Apakah terdapat pengaruh media nonkolase dalam keterampilan menulis teks narasi pada siswa kelas VII SMPN 7 Kota Serang?”, “Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil keterampilan menulis teks narasi dengan menggunakan media kolase dengan keterampilan menulis teks narasi dengan nonkolase pada siswa kelas VII SMPN 7 Kota Serang?”.Dengan tujuan penelitian mendeskripsikan pengaruh penggunaan media kolase terhadap hasil menulis teks narasi siswa kelasVII SMPN 7 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang bersifat kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIISMPN 7 Kota Serang. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas VII Csebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, maka diperoleh kesimpulan yaitu hasil pembelajaran menulis teks narasi dengan menggunakan media nonkolase di kelas kontrol mendapat nilai rata-rata sebesar 73,6dengan nilai pretest yaitu 58,9. Penggunaan media FTV di kelas eksperimen 79,5dengan nilai pretest 62,4, berdasarkan data hasil pembelajaran memiliki peningkatan pada nilai posttest di kelas eksperimen yang memiliki selisih 6,2 point dengan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kontrol 79,5 dan 73,6.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMuhyidin, AsepUNSPECIFIED
Thesis advisorErwin Juansah, DaseUNSPECIFIED
Additional Information: The formulation of the problem in this research is as follows. "Is there an effect of collage media in narrative text writing skills in grade VII students of SMPN 7 Serang City?", Is there any effect of non-collage media in narrative text writing skills in grade VII students of SMPN 7 Serang City?", "Is there a significant difference between the results of narrative text writing skills using collage media and narrative text writing skills with non-collage in class VII students of SMPN 7 Serang City?". The purpose of this research was to describe the effect of using collage media on the results of writing narrative text for seventh grade students of SMPN 7 Serang City. This research uses a quantitative experimental method. The population in this research were all grade VII students of SMPN 7 Serang City. The samples used were two classes, namely VII C class as an experimental class and VII B class as a control class. Based on the results of the analysis of research data, the conclusion is that the learning outcomes of writing narrative text using non-collage media in the control class get an average value of 73.6 with a pretest value of 58.9. The use of FTV media in the experimental class 79.5 with a pretest value of 62.4, based on learning outcomes data has an increase in the posttest value in the experimental class which has a difference of 6.2 points with an average value of the experimental class and control class 79.5 and 73.6.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 13:51
Last Modified: 22 Nov 2021 13:51
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8859

Actions (login required)

View Item View Item