ALAWIYAH, TUTI (2019) PENGARUH KONTEN VLOG DALAM YOUTUBE DAN POSTER DARING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 7 KOTA SERANG TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGARUH KONTEN VLOG DALAM YOUTUBE DAN POSTER DARING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 7 KOTA SERANG.PDF Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMPN 7 Kota Serang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan pengaruh konten vlog dalam youtube dan poster daring terhadap kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMPN 7 Kota Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yang bersifat kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 7 Kota Serang yang berjumlah 345 orang. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas, yaitu kelas VIII F sebagai kelas kontrol dan VIII G sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa masing-masing sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis teks persuasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretes di kelas eksperimen sebesar 60,56 dan postes sebesar 75,38, sedangkan rata-rata nilai pretes di kelas kontrol sebesar 58 dan postes sebesar 71,2. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat peningkatan nilai postes di kelas eksperimen yang memiliki selisih 4,18 poin dengan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu 75,38 dan 71,2. Hasil tersebut menunjukkan perbedaan yang signifikan, yakni nilai yang diperoleh siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan konten vlog dalam youtube lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan poster daring. Dengan demikian, untuk meningkatkan kemampuan menulis teks persuasi media pembelajaran konten vlog dalam youtube lebih baik dibandingkan dengan poster daring.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | The background of this research is the low ability of the students in class VIII of SMPN 7 Kota Serang in writing persuasive text. The aim of this research is to describe the differences of the impact between vlog content on YouTube and online poster on the ability of students in class VIII of SMPN 7 Kota Serang in writing persuasive text. The method of this research is quantitative by using experimental method. The population in this research is all students of class VIII in SMPN 7 Kota Serang which amount 345 people. This research used two classes as the sample, they are class VIII F as a control class and VIII G as an experimental class with 25 students each. Data collection techniques of this research used writing persuasive text test. The results of this study indicate that the average pre-test value in the experimental class was 60.56 and post-test were 75,38, while the average pre-test value in the control class was 58 and post-test were 71,2. Based on the results of the research, there was an increase in the post-test score in the experimental class which had a difference of 4,18 points with the average value of the experimental class and the control class of 75,38 and 71,2. These results show a significant difference, namely the value obtained by students after participating in learning using vlog content on YouTube is higher than using online posters. Thus, to improve the ability to write persuasive text by using learning media, vlog content on YouTube is better than online posters. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2021 13:47 | |||||||||
Last Modified: | 22 Nov 2021 13:47 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8857 |
Actions (login required)
View Item |