Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH KONSEP DIRI DAN PERSEPSI PADA MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Zakki Wahyudin, Muhammad (2019) PENGARUH KONSEP DIRI DAN PERSEPSI PADA MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH KONSEP DIRI DAN PERSEPSI PADA MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA.PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMK N 1 Kota Serang tahun ajaran 2018/2019 yang bertujuan untuk melihat pengaruh konsep diri dan persepsi pada matematika tehadap prestasi belajar matematika. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode pengambilan sampel purposive sampling dan menggunakan 2 kelas sebagai sampel . Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) konsep diri berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan pengaruh positif tetapi tidak signifikan 2) persepsi pada matematika berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan pengaruh positif tetapi tidak signifikan 3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dan persepsi pada matematika dengan prestasi belajar matematika. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa konsep diri dan persepsi pada matematika masing-masing memiliki pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan, dan secara bersama-sama memiliki hubungan yang positif dan seginifikan terhadap prestasi belajar matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFathurrohman, Maman198209252006041001
Thesis advisorSetiani, Yani197608212008012010
Additional Information: This research was conducted at the SMKN 1 Kota Serang in the 2018/2019 academic year which aimed to see the effect of self concepts and perceptions on mathematics on mathematical learning achievement. The method of this research is descriptive quantitative by using purposive sampling method and 2 classes as samples. Data was collected using questionnaires and test. The results of this study indicate that 1) self-concept influences students 'mathematics learning achievement with a positive but not significant influence 2) perceptions of mathematics affect students' mathematics learning achievement with a positive but not significant influence 3) there is a positive and significant relationship between self-concept and perception on mathematics with mathematics learning achievement. From the results of these studies, it can be concluded that self- concept and perceptions in mathematics each have a positive but not significant effect, and together have a positive and significant relations to mathematics learning achievement.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 13:45
Last Modified: 22 Nov 2021 13:45
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8856

Actions (login required)

View Item View Item