Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH KEGIATAN FUN COOKING TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A ( Penelitian Quasi Eksperimen di RA Al-Wardah Pandeglang )

NUSA, HAYATIN (2019) PENGARUH KEGIATAN FUN COOKING TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A ( Penelitian Quasi Eksperimen di RA Al-Wardah Pandeglang ). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH KEGIATAN FUN COOKING TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan mengenal bentuk geometri merupakan pengetahuan yang dimiliki oleh anak tentang bentuk-bentuk geometri mulai dari ciri-ciri bentuk geometri hingga anak mampu membedakan bentuk geometri yang satu dengan yang lainnya. Maka mengenalkan bentuk geometri kepada anak seharusnya dengan kegiatan yang menarik agar anak dapat memahami, menyentuh, menggambarkan dan mendeskripsikan bentuk geometri, dengan cara adanya suatu kegiatan yang menarik seperti kegiatan fun cooking.Penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperimen (eksperimen semu). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah the non equivalent control group design. Desain ini melibatkan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen akan diberi perlakuan yaitu dengan menggunakan kegiatan fun cooking, sedangkan pada kelas kontrol tidak diberikan perlakuan kegiatan fun cooking. Teknik pengumpulan data yaitu berupa observasi dan dokumentasi. Pengujian validitas dan reliabilitas instrumen, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis diolah dengan bantuan SPSS 22. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam kemampuan mengenal betuk geometri melalui kegiatan fun cooking pada anak kelompok A di RA.Al-Wardah Pandeglang. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai signifikan yang diperoleh yaitu sebesar 0,030 < 0,05, maka H�ditolak dan H�diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam kemampuan mengenal bentuk geometri melalui Kegiatan fun cooking pada anak kelompok A di RA Al- Wardah Pandeglang

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFatimah, AtinUNSPECIFIED
Thesis advisorTricahyani, TricahyaniUNSPECIFIED
Additional Information: The ability to recognize geometric shapes is the knowledge possessed by children about geometric shapes ranging from the characteristics of geometric shapes to the ability of children to be able to distinguish between one geometric form and another. Then introducing geometric shapes to children should be with interesting activities so that children can understand, touch, describe and describe geometric shapes, by means of an interesting activity such as fun cooking activities . Quantitative research with Quasi Experiment research methods (quasi- experiments). The design used in this study is the non equivalent control group design. This design involves two classes namely the control class and the experimental class. The experimental class will be treated by using fun cooking activities , while the control class is not treated with fun cooking . Data collection techniques are in the form of observation and documentation. Testing the validity and reliability of the instrument, normality test, homogeneity and hypothesis testing processed with SPSS 22. Based on the research results can be summarized as follows: there are significant differences between the experimental class and control class in the ability to recognize betuk geometry through cooking fun activities for children groups A in RA.Al-Wardah Pandeglang. This can be seen from the significant value obtained, which is a large 0.030 <0.05, then rejected H� and H� accepted which means that there is a significant difference between the experimental class and the control class in the ability to recognize geometric shapes through fun cooking activities in group A children in RA Al-Wardah Pandeglang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 13:37
Last Modified: 22 Nov 2021 13:37
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8852

Actions (login required)

View Item View Item