Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Studi Korelasi Pada Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Ciruas)

Damayanti, Putri (2019) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Studi Korelasi Pada Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Ciruas). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Studi Korelasi Pada Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Ciruas).pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB)

Abstract

PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Oleh : Putri Damayanti 2286142458 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar pada siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik korelasi dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket kebiasaan belajar siswa menggunakan skala likert dan tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda. Berdasarkan analisis data didapatkan koefisien korelasi pada penelitian ini adalah 0,69 dan termasuk kedalam kategori kuat. Angka tersebut menunjukkan bahwa korelasinya bernilai positif. Hasil uji signifikan korelasi pada taraf signifikan α = 0,1 diperoleh thitung = 6,248 dan ttabel = 1,663. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDamanhuri, DamanhuriUNSPECIFIED
Thesis advisorSugiana, DinarUNSPECIFIED
Additional Information: This research aims to know the influence of habit of student learning against the results of study in students of class VIII on civic education subjects. The methods used in this research is quantitative methods with correlational techniques and sampling is done by Proportional Random Sampling. Data correlation techniques are done through questionnaire of student learning habits using likert scale and multiple choice study result test. Based on the data analysis, the correlation coefficient in this study is 0,69 and included as high category. The number indicates that the correlation is positive. The significant correlation test result at significant level = 0,1 obtained tresult = 6,248 and ttable = 1,663. It can be concluded that there is a significant positive influence of students learning habits on study result in subject civic education.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 13:33
Last Modified: 22 Nov 2021 13:33
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8850

Actions (login required)

View Item View Item