Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH JURNAL BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 ANYER PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI

WULANDARA, YOLA (2019) PENGARUH JURNAL BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 ANYER PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH JURNAL BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 ANYER PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI.PDF
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jurnal belajar tehadap motivasi belajar dan kemampuan kognitif siswa pada materi sistem reproduksi. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksprimen dengan desain randomized control group pretest – post test design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Anyar tahun pelajaran 2017/2018 dengan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar, tes objektif, jurnal belajar dan lembar observasi keterlaksanaan RPP. Nilai rata-rata jurnal belajar siswa yaitu 73,43. Nilai rata – rata motivasi belajar kelas kontrol dan eksperimen yaitu 62,84 dan 76 sementara nilai rata – rata kemampuan kognitif siswa kelas kontrol dan eksperimen yaitu 64 dan 80. Uji hipotesis menggunakan uji t terhadap hasil angket motivasi belajar antara kelas kontrol dan eksperimen memperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sementara uji hipotesis terhadap kemampuan kognitif siswa memperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh jurnal belajar terhadap motivasi belajar dan kemampuan kognitif siswa

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorErmila Hendriyani, MilaUNSPECIFIED
Thesis advisorRifqiawati, IkaUNSPECIFIED
Additional Information: This research aims to determine the effect of learning journals on learning motivation and cognitive skill of students on the reproductive system concept. The method used was quasi experiment with a randomized control group design pretest – post test design. Population in this study were all students of class XI IPA 1 Anyar high school academic year 2017/2018 with class XI IPA 1 as the experimental class and XI IPA 5 as the control class. Data collection techniques were learning motivation questionnaires, objective tests, learning journals and observation sheet. Average value of student’s learning journals is 73.37. Average velue of learning motivation from control and experimental class is 62,84 and 76 while average velue of cognitive skill from control and experimental class is 64 and 80. Hypothesis testing using t test on the results of the learning motivation questionnaire between the control and experimental classes obtain a significance value of 0,000 < 0.05 and hypothesis testing for student’s cognitive skill obtain a significance value of 0,000 < 0.05. Based on these results it can be concluded that there are effects of learning journals on learning motivation and cognitive skill of students.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 13:31
Last Modified: 22 Nov 2021 13:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8849

Actions (login required)

View Item View Item