Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH IMPLEMENTASI METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMPN 23 KOTA TANGERANG

SONIKE SITOHANG, EKA (2018) PENGARUH IMPLEMENTASI METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMPN 23 KOTA TANGERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH IMPLEMENTASI METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMPN 23 KOTA TANGERANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi metode tutor sebaya terhadap peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimental dengan desain non equivalent control group dengan subjek penelitian kelas 8I dan 8N yang berjumlah masing-masing 30 orang peserta didik di SMPN 23 Kota Tangerang. Aspek yang diukur meliputi domain kompetensi literasi sains dan domain sikap literasi sains dengan menggunakan instrumen soal literasi sains, lembar observasi tutor sebaya dan angket sikap literasi sains untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan literasi sains kelas ekperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil perhitungan data dengan menggunakan uji hipotesis Independent t-test (uji-t) menunjukkan terdapat pengaruh implementasi metode tutor sebaya pada kelas eksperimen dengan thitung < ttabel yaitu 0,00 < 0,05 pada taraf signifikansi 1%, maka H0 ditolak dan H1 diterima, berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan terdapat pengaruh implementasi metode tutor sebaya terhadap peningkatan kemampuan literasi sains. Metode tutor sebaya mampu meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik karena mampu mengasah kemampuan menggunakan konten, memberikan penjelasan, mengembangkan argumen parsial, mengidentifikasi kesalahan dan membuat kesimpulan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNulhakim, LukmanUNSPECIFIED
Thesis advisorDian Aprelia R, VicaUNSPECIFIED
Additional Information: This study aims to explain the effect of Peer Tutoring Method Implementation on Enchancing Students’ Literacy Ability in the Material of Human Excretion System. Aspects measured include domains of scientific literacy competencies and domains of scientific literacy attitudes. This research is a quasi-experimental study with non equivalent control group desaign with research objects of class 8I and 8N which amounted to 30 students in SMPN 23 Kota Tangerang. The data used in this study are instruments about scientific literacy, peer tutoring observation sheets and quistionaires of scientific literacy attitude. The data obtained will be analyzed using the Independent t-test (t-test) hypothesis test. The results of statistical calculations stated that ther was an effect of the implementation of peer tutoring methods in the experimental class with tcount < ttable which was 0.00 < 0.05 at a significant level of 1%. The effectiveness of treatment in the experimental class is expressed by the value of N-gain in the medium category. The peer tutoring method is able to improve students’ literacy skills because they are able to hone the ability to use content, provide explanations, develop partial arguments, identify errors and make conclusions.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84201-Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 13:27
Last Modified: 22 Nov 2021 13:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8848

Actions (login required)

View Item View Item