Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH BENTUK SOAL TERHADAP NILAI KOGNITIF SISWA PADA KONSEP EKOLOGI

SUKARYA, HANDA (2019) PENGARUH BENTUK SOAL TERHADAP NILAI KOGNITIF SISWA PADA KONSEP EKOLOGI. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH BENTUK SOAL TERHADAP NILAI KOGNITIF SISWA PADA KONSEP EKOLOGI.PDF
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengukur pengaruh bentuk soal (pilihan ganda, menjodohkan, isian singkat, serta essay) terhadap nilai kognitif siswa kelas X Mipa 4 pada konsep ekologi di SMA Negeri 2 Pandeglang. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari bulan Desember 2018 sampai dengan bulan Juli 2019 dengan jumlah sampel dalam penelitian ini terdiri dari 1 kelas, yaitu siswa kelas X Mipa 4 yang berjumlah 36 orang. Pengambilan data berupa wawancara, angket dan tes dengan menggunakan 4 bentuk soal (pilihan ganda, menjodohkan, isian singkat, dan essay). Analisis data dilakukan dengan perhitungan kruskal wallis pada taraf signifikan 0,05. Hasil pada penelitian ini adalah Sig 0,000 yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara nilai kognitif siswa yang menggunakan soal pilihan ganda, menjodohkan, isian singkat dan essay. Hal ini dikarenakan nilai Sig (0,000) < α (0,05). Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara nilai kognitif siswa dengan bentuk soal. Selanjutnya pada perbandingan persentase keberhasilan siswa dalam menjawan setiap bentuk soal. Menunjukan hasil bahwa bentuk soal pilihan ganda dan menjodohkan lebih baik pada jenjang kognitif C1, C2, dan C4. Sedangkan bentuk soal isian singkat dan essay lebih baik pada jenjang kognitif C3-C4

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRahman, AdityaUNSPECIFIED
Thesis advisorMahrawi, MahrawiUNSPECIFIED
Additional Information: The purpose of this study to know the impact variaty test (multiple choice, matechmaking, short fillings, and assay) towards students cognitive values class x Mipa 4 on the ecological concept in the senior high school 2 pandeglang. The type of this study was a ex post facto. This research was conducted from December 2018 to July 2019 with the number of samples in this study consisting of 1 class, namely the class X Mipa 4 students who succeeded 36 people. The instrument takes data in the form of interviews, questionnaires and tests using 4 forms of questions (multiple choice, matchmaking, short entries, and essays). Data analysis was performed with kruskal wallis at a significant level of 0.05. The results of the study Based on the results of the study which showed a significant difference between the cognitive values of students who used MCQs, matchmaking, short entries and essays. With questions that can be given about the form of the question with the value of Sig (0,000) <α (0.05). Based on this it can be concluded that there is an influence between the cognitive value of students with the form of questions. Next on the comparison of the percentage of students' success in holding each form of questions. Shows the results that the form of multiple choice questions and match is better at cognitive levels C1, C2, and C4. Whereas the form of short answer and essay questions is better at C3-C4 cognitive level.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 13:21
Last Modified: 22 Nov 2021 13:21
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8845

Actions (login required)

View Item View Item