Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PEMBELAJARAN SENTRA PERAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN

MARYAM, SITI (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN SENTRA PERAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH PEMBELAJARAN SENTRA PERAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN.PDF
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Keterampilan berbicara adalah salah satu bentuk komunikasi yang paling penting dikehidupan sehari-hari dengan orang lain dengan seringnya berkomunikasi dapat memahami apa yang dimaksud orang lain. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran sentra peran terhadap keterampilan berbicara anak pada anak usia 4-5 tahun di TK azzahroh dan TKIT Bina Bangsa Islamic school (BBIS) Serang-Banten. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 100 anak yang diambil secara purposive samping. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket). Metode analisis data penelitian ini yaitu menggunakan analisis statistik inferensial dengan bantuan SPSS versi 20,0. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk skala dengan 3 alternatif jawaban. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sehingga diperoleh 10 butir valid dari 11 butir variabel Keterampilan berbicara yang reliabilitas 0,871. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara pembelajaran sentra peran terhadap keterampilan berbicara pada anak usia 4-5 tahun di TK Azzahroh, Al-azhar dan TKIT Bina Bangsa Islamic school (BBIS) Serang- Banten, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan berbicara dengan pembelajaran sentra, hal ini ditunjukan dari hasil perhitungan thitung > ttabel (3,736 > 1,660) dan nilai sig <0,05 (0,000 < 0,05), maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Ketrampilan Berbicara Terhadap Pembelajaran Sentra Peran Anak Pada Anak Usia 4-5 Tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFatimah, AtinUNSPECIFIED
Thesis advisorKristina, KristinaUNSPECIFIED
Additional Information: Speaking skills is one of the most important forms of communication in everyday life with other people with frequent communication can understand what other people mean. The purpose of this study was to determine the effect of learning center on children's speaking skills in children aged 4-5 years at TK azzahroh and TK IT Bina Bangsa Islamic school (BBIS) Serang-Banten. This research is an ex-post facto study with a quantitative approach. The study sample of 100 children was taken by purposive side. The data collection technique used in this study was a questionnaire (questionnaire). The method of data analysis in this study is using inferential statistical analysis with the help of SPSS version 20.0. The instrument used in this study is in the form of a scale with 3 alternative answers. The instrument test used validity and reliability tests, so that 10 valid items were obtained from 11 items of speaking skill reliability variable 0.871. The data analysis technique used is product moment correlation analysis. The results of the study can be concluded that there is a positive influence between learning center roles on speaking skills in children aged 4-5 years in TK Azzahroh, Al-Azhar and TKIT Bina Bangsa Islamic school (BBIS) Serang-Banten, namely there is a significant influence between speaking skills with center learning, this is indicated by the results of the calculation of t count> t table (3,736> 1,660) and the value of sig <0.05 (0,000 <0,05), then H0 is rejected. It can be concluded that there is a significant influence between Speaking Skills on Learning and the Role of Children in Children 4-5 Years Old.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 13:14
Last Modified: 22 Nov 2021 13:14
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8844

Actions (login required)

View Item View Item