Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN ICE BREAKING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Cimuncang Cilik Tahun Ajaran 2018/2019)

MUHLISOH, FAIZATUL (2019) PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN ICE BREAKING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Cimuncang Cilik Tahun Ajaran 2018/2019). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN ICE BREAKING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V.PDF
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan materi volume kubus. Hal ini disebabkan karena masih rendahnya motivasi pada diri siswa dalam mengikuti proses pembelajaran matematika, sehingga berdampak pada hasil yang diperolehnya pada saat mengikui proses pembelajaran.bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif dan motivasi belajar Matematika antara siswa yang menggunakan teknik pembelajaran ice breaking dengan siswa yang menggunakan teknik pembelajaran tutorial/ bimbingan. Penelitian kuantitatif jenis kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Cimuncang Cilik, sedangkan sampel pada penelitian kali ini adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen I yang diberi perlakuan menggunakan teknik pembelajaran ice breaking dan kelas VB sebagai kelas ekspeimen II yang diberi perlakuam menggunakan teknik pembelajaran tutorial/ bimbingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa yaitu untuk nilai rata- rata siswa yang menggunakan teknik pembelajaran ice breaking adalah 78,77 dan teknik pembelajaran tutorial/ bimbingan adalah 61,44. Sedangkan motivasi belajar siswa yang menggunakan teknik pembelajaran ice breaking memperoleh nilai presentase 88,51% dan yang menggunakan teknik pembelajaran tutorial/ bimbingan adalah 83,24%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuparno, SuparnoUNSPECIFIED
Thesis advisorM. Hosnan, M. HosnanUNSPECIFIED
Additional Information: This research is motivated by students still having difficulty in solving problems related to the volume cube material. This is due to the low motivation of students in participating in the mathematics learning process, so that the impact on the results obtained while following the learning process. Aims to determine the cognitive learning outcomes and motivation to learn Mathematics between students who use ice breaking learning techniques with students who use tutorial / guidance learning techniques. Quantitative study of quasi-type experiments. The population in this study were all fifth grade students of Cimuncang Cilik Elementary School, while the sample in this study was VA class as experimental class I which was treated using ice breaking learning techniques and VB class as experiment class II which was given the use of tutorial / guidance learning techniques. . The results showed that there were differences in student cognitive learning outcomes, namely for the average value of students using ice breaking learning techniques was 78.77 and the tutorial / guidance learning technique was 61.44. While the learning motivation of students using ice breaking learning techniques obtained a percentage value of 88.51% and those using tutorial / guidance learning techniques were 83.24%.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 13:09
Last Modified: 22 Nov 2021 13:09
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8842

Actions (login required)

View Item View Item