Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN TEKNIK MODIFIKASI PERILAKU TOKEN ECONOMIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENJUMLAHKAN 0-50 (Single Subject Research Anak Autistik Kelas IV di SKh Al Kautsar Cilegon Banten)

DWI JUMIATI, SITI (2018) PENERAPAN TEKNIK MODIFIKASI PERILAKU TOKEN ECONOMIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENJUMLAHKAN 0-50 (Single Subject Research Anak Autistik Kelas IV di SKh Al Kautsar Cilegon Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN TEKNIK MODIFIKASI PERILAKU TOKEN ECONOMIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENJUMLAHKAN 0-50.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan anak dalam menjumlahkan 0-50. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menjumlahkan 0-50 anak autistik dengan menggunakan teknik modifikasi perilaku token economic. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan pendekatan Single Subject Research (SSR) dan menggunakan desain penelitian A-B-A. Target behavior pada penelitian ini adalah menjumlahkan 0-50. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes yang diberikan pada fase baseline-1, intervensi, dan baseline-2 sebanyak 5 butir soal. Data yang didapat dianalisis menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh bahwa terdapat peningkatan kemampuan menjumlahhkan 0-50 anak autistik kelas IV dengan menggunakan teknik modifikasi perilaku token economic di SKh Al Kautsar Cilegon Banten. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya mean level pada target behavior. Hasil mean level pada fase baseline-1 adalah sebesar 43,33%, lalu meningkat setelah diberikan intervensi teknik modifikasi perilaku token economic sebesar 74,17%. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menjumlahkan 0-50 anak autistik kelas IV dengan menggunakan teknik modifikasi perilaku token economic di SKh Al Kautsar Cilegon Banten.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRusdiyani, IstiUNSPECIFIED
Thesis advisorListyaningtyas, RatihUNSPECIFIED
Additional Information: This research is motivated by the low ability of children to add 0-50. The purpose of this study was to determine the increase in the ability to add 0-50 autistic children using the token economic. The research method used is the experimental method using the Single Subject Research (SSR) approach and using the A-B-A research design. The target behavior in this study is to add 0-50. The data collection technique in this study used a test given at baseline-1, intervention, and baseline-2 in 5 items. The data obtained were analyzed using analysis between conditions. Based on the results of the research data analysis, it was found that there was an increase in the ability to add 0-50 autictic children in class IV using the token economic behavior modification technique at SKh Al Kautsar Cilegon Banten. The results of the mean level in the baseline-1 were 43,33% and the increase after the intervention of token economic behavior modification tehnique was 74,17%. This shows that there is an increase in the ability to add 0-50 autistic children in class IV using the token economic behavior modification technique at SKh Al Kautsar Cilegon Banten.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Khusus
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 13:07
Last Modified: 22 Nov 2021 13:07
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8841

Actions (login required)

View Item View Item