Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA (Penelitian Pre-Eksperimen Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Kota Cilegon Tahun Ajaran 2018/2019)

MAISAROH WAFA, NADIYAH (2019) PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA (Penelitian Pre-Eksperimen Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Kota Cilegon Tahun Ajaran 2018/2019). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA.PDF
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh interaksi sosial siswa yang rendah seperti, kurangnya kerjasama antar siswa, komunikasi yang kurang baik di kalangan siswa, siswa masih seringkali memilih-milih teman untuk diajak bekerjasama bahkan hingga mengucilkan siswa lain. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan interaksi sosial siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kota Cilegon melalui penerapan permainan tradisional gobak sodor. Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 1 Kota Cilegon. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimen dengan jenis pre-eksperiment dengan desain one group pre-test post- test design untuk membandingkan keadaan interaksi sosial sebelum dan sesudah diberikan perlakuan permainan tradisional gobak sodor. Sampel penelitian sebanyak 8 orang didapat menggunakan metode pengambilan sampel purposive sampling yang didasarkan pada siswa yang memiliki interaksi sosial rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket interaksi sosial. Hasil analisis pre-test menunjukkan 100% siswa subjek penelitian berada pada kategori renda. Kemudian setelah diberikan treatment permainan tradisional gobak sodor, interaksi sosial subjek meningkat terlihat dari hasil post-test 37,5% siswa berada pada kategori sedang dan 62,5% siswa berada pada kategori tinggi. Dari hasil pengujian stastistik terlihat bahwa rata-rata nilai pre-test adalah 16,87 dengan standar devisiasi 1,45 sedangkan nilai rata-rata post-test 36,00 dengan standar devisiasi 2,72. Nilai post-test lebih besar daripada nilai pre-test (36,00>16,87) dengan selisih (gain) sebesar 19,13. Artinya, H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian adalah terdapat peningkatan interaksi sosial siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kota Cilegon setelah diberikan treatment permainan tradisional gobak sodor. Guru Bimbingan dan Konseling di sekolah dapat memanfaatkan layanan bimbingan kelompok metode permainan tradisional gobak sodor untuk meningkatkan interaksi sosial siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRochani, RochaniUNSPECIFIED
Thesis advisorAl Hakim, IbrahimUNSPECIFIED
Additional Information: The research is motivated by low student social interactions such as lack of cooperation between students, poor communication among students, students still often choose friends to be invited to work together to even exclude other students. The study aims to improve the social interaction of class VII students of MTs Negeri 1 Cilegon through the application of traditional gobak sodor games. The research was carried out at MTs Negeri 1 Cilegon City. The study used quantitative methods with experimental research techniques with the type of pre- experiment with the design of one group pre-test post-test design to compare the state of social interaction before and after being treated by traditional gobak sodor games. The sample of the study was 8 people using purposive sampling method based on students who had low social interaction. The technique of collecting data uses a social interaction questionnaire. The results of the pre-test analysis showed that 100% of the research subjects were in the lace category. Then after being given traditional game treatment of gobak sodor, the subject's social interaction increased as seen from the post-test results 37.5% of students were in the medium category and 62.5% of students were in the high category. From the results of statistical testing it can be seen that the average pre-test value is 16.87 with a standard deviation of 1.45 while the average post-test value is 36.00 with a standard deviation of 2.72. The post-test value is greater than the pre-test value (36.00> 16.87) with a gain of 19.13. That is, H0 is rejected and Ha is accepted. The conclusion of the study was that there was an increase in social interaction of class VII students of MTs Negeri 1 Cilegon after being given traditional game treatment of gobak sodor. Guidance and Counseling Teachers in schools can take advantage of group guidance services, traditional gobak sodor methods to improve student social interaction.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86201-Jurusan Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 13:01
Last Modified: 22 Nov 2021 13:01
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8838

Actions (login required)

View Item View Item