Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK CEREBRAL PALSY DI SKH AL KHAIRIYAH CILEGON

WIDYA WICAKSANA, REGGY (2018) PENERAPAN PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK CEREBRAL PALSY DI SKH AL KHAIRIYAH CILEGON. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKANN KEMAPUAN MOTORIK HALUS ANAK CEREBRAL PALSY DI SKH AL KHAIRIYAH CILEGON.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus anak cerebral palsy melalui media permainan monopoli. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan single subject research (SSR). Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan desain A-B-A. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan ditampilkan melalui grafik garis. Subjek dalam penelitian ini terfokus pada seorang anak cerebal palsy kelas VIII SMPLB dengan inisial FZ. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa penggunaan media permainan monopoli dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak cerebral palsy kelas VIII SMPLB di SKh Al-Khairiyah Cilegon. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya rata-rata perolehan data pada ketiga target behavior. Hasil yang didapat dari target behavior 1 (menjangkau benda) pada fase A1 (baseline 1) adalah 50%, setelah dilakukanya intervensi pada fase (B) rata-rata perolehan data yang didapat meningkat menjadi 87,5% dan setelah diberikannya intervensi rata-rata perolehan data yang didapat pada fase A2 (baseline 2) adalah 78,25%. Untuk target behavior 2 (memegang) hasil rata-rata perolehan data yang didapat pada fase A1 (baseline 1) adalah 43,75% setelah dilakukannya intervensi pada fase (B) rata-rata perolehan data yang didapat meningkat menjadi 82%, dan setelah diberikan intervensi rata-rata perolehan data yang didapat pada fase A2 (baseline 2) adalah 71,85%. Lalu untuk target behavior 3 (menggerakan pergelangan tangan) hasil rata-rata perolehan data yang didapat pada fase A1 (baseline 1) adalah 50%, setelah dilakukannya intervensi pada fase (B) rata-rata perolehan data yang didapat meningkat menjadi 92%, dan setelah diberikannya intervensi rata-rata perolehan data yang didapat pada fase A2 (baseline 2) adalah 81,25%. Dengan demikian maka ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media permainan monopoli dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak cerebral palsy kelas VIII SMPLB di SKh Al-Khairiyah Cilegon.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorYuwono, JokoUNSPECIFIED
Thesis advisorTanjung Utami, YuniUNSPECIFIED
Additional Information: This research aims to know the fine motor abilities improved cerebral palsy children through the medium of the game monopoly. This research is a research experiment with approaches to single subject research (SSR). The research design used in this study using the design of the A-B-A. The data obtained were analyzed using descriptive statistics and displayed through the line graph. The subject in this study focused on a child cerebal palsy class VIII SMPLB with the initials FZ. Based on research results, note that the use of the media the game monopoly can improve fine motor ability of children cerebral palsy class VIII in SKh SMPLB Al- Khairiyah Cilegon. This is indicated by the increased average earnings data at the third target behavior. The results obtained from the target behavior 1 (reach) on phase A1 (baseline 1) is 50%, after an ill-fated intervention in phase (B) the average earnings data obtained improved to 87.5% and after he gave the average intervention the acquisition of the data obtained in the phase A2 (baseline 2) is 78.25%. For target behavior 2 (hold) the result is the average earnings data obtained in phase A1 (baseline 1) is 43.75% after the ill-fated intervention in phase (B) the average earnings data obtained increased to 82%, and after being given the intervention the average earnings data obtained in the phase A2 (baseline 2) was 71.85%. Then to target behavior 3 (moving the wrist) results in an average earnings data obtained in phase A1 (baseline 1) is 50%, after an ill- fated intervention in phase (B) the average earnings data obtained increased to 92%, and After he gives the average intervention acquisition data obtained in the phase A2 (baseline 2) was 81.25%. Thus drawn the conclusion that the use of the media the game monopoly can improve fine motor ability of children cerebral palsy class VIII in SKh SMPLB Al-Khairiyah Cilegon.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Khusus
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 12:59
Last Modified: 22 Nov 2021 12:59
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8837

Actions (login required)

View Item View Item