Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH AKTIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN MENGGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WONDERING, EXPLORING, EXPLAINING (WEE) PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BENDA DAN SIFATNYA SISWA KELAS III SD NEGERI TAMBAKBAYA 2 (Penelitian Deskriptif Kuantitatif)

Awaliyah, Putri (2018) PENGARUH AKTIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN MENGGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WONDERING, EXPLORING, EXPLAINING (WEE) PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BENDA DAN SIFATNYA SISWA KELAS III SD NEGERI TAMBAKBAYA 2 (Penelitian Deskriptif Kuantitatif). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH AKTIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN MENGGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WONDERING, EXPLORING, EXPLAINING (WEE).pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perlunya aktivitas belajar siswa untuk memperoleh hasil belajar yang lebih optimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi benda dan sifatnya dengan menggunakan model pembelajaran Wondering, Exploring, Explaining (WEE). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri Tambakbaya 2. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IIIA yang berjumlah 30 siswa. Aktivitas belajar diukur menggunakan lembar observasi. Hasil belajar siswa diukur menggunakan soal pilihan ganda. Aktivitas belajar tergolong pada kategori baik dengan nilai rata-rata 78,93. Hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 72,67. Koefisien korelasi menunjukkan angka 0,67. Angka tersebut menunjukkan bahwa korelasinya bernilai positif artinya kenaikan yang terjadi pada skor aktivitas belajar akan diikuti oleh kenaikan skor hasil belajarnya. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,45. Nilai Fhitung sebesar 52,05 menunjukkan bahwa koefisien pada model regresi tersebut signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa besarnya kontribusi aktivitas belajar terhadap hasil belajar adalah sebesar 94,09%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHendracipta, NanaUNSPECIFIED
Thesis advisorAndriana, EncepUNSPECIFIED
Additional Information: Research is stimulated by the need for learning activities students to obtain the more optimal. Therefore, this study aims to identify how and the influence of learning activities of the students on the science of the properties of light with the use of the wondering, exploring, explaining (WEE). The method used in this study is the method of descriptive and approach to quantitative. The population in this study is the student of elementary Tambakbaya 2. The sample used is all the VC, which has 30 students. The study, as measured by the observation. The students is measured using the multiple choice. The study is in the god with the average value of 78,93. The students was in the high with the average value of 72,67. The correlation showed the 0,67. The figure shows that correlation is positive, it means the increase that occurred in the learning activities will be followed by an increase the results of learning. The determination that was obtained by 0,45. The F count of 52,05 shows that the coefficient on the model in regression was significant. This shows that large contribution of learning activities of the study is of 94,09%.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 13:16
Last Modified: 22 Nov 2021 13:16
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8835

Actions (login required)

View Item View Item