Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN PEMBELAJARAN REACT TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

Zahra Ihsani, Annisa (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN REACT TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN PEMBELAJARAN REACT TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis siswa sangat diperlukan dalam pembelajaran kimia, khususnya pada konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan karena konsep ini memiliki karakteristik kontekstual, kompleks dan sebagian besar konsepnya diperoleh melalui kegiatan praktikum. Pembelajaran yang dapat melatih keterampilan berpikir kritis siswa adalah pembelajaran REACT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran REACT terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan. Desain penelitian ini adalah one group pretest posttest dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal tes uraian berjumlah 12 soal dan lembar observasi yang valid dan reliabel. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif menggunakan N-Gain dan analisis statisik menggunakan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai N-Gain dengan kategori sedang pada 6 indikator keterampilan berpikir kritis. Hasil tersebut didukung dengan hasil paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi < 0,05 serta hasil uji Effect Size dengan kriteria tinggi yang menunjukkan pembelajaran REACT berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAffifah, IsriyantiUNSPECIFIED
Thesis advisorLangitasari, IndahUNSPECIFIED
Additional Information: Students critical thinking skills are needed in chemistry learning, especially on solubility and the solubility product constant concept because this concept has contextual, complex characteristics and most of the concepts are obtained through practical activities. The learning that can train students critical thinking skills is REACT learning. This research aims to determine of application REACT learning to students critical thinking skills on solubility and the solubility product constant concept. The design of this research was one group pretest posttest with purposive sampling technique. The instrument was valid and reliable 12 essay questions and observation sheets. Data analysis technique was done by analysis descriptive using N-Gain and statistical analysis using paired sample t-test. The result showed that the N-Gain value with the medium category on 6 indicator critical thinking skills. These results were supported with the result of the paired sample test are acquired the significance value <0,05 and effect size results with high criteria that indicated REACT learning has a positive effect on students critical thinking skills on solubility and the solubility product concept.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204-Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 12:52
Last Modified: 22 Nov 2021 12:52
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8829

Actions (login required)

View Item View Item