Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL STAD BERBANTU SIMULASI VIRTUAL PHET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA KELAS XI

HARIS, RIZAL (2018) PENERAPAN MODEL STAD BERBANTU SIMULASI VIRTUAL PHET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA KELAS XI. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL STAD BERBANTU SIMULASI VIRTUAL PHET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA KELAS XI.PDF
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1)mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaraan kooperatif tipe STAD berbantu simulasi virtual PHET: (2) mengetahui apakah hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaraan kooperatif tipe STAD berbantu simulasi virtual PHET tidak lebih baik atau lebih baik dari hasil belajar kognitif siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif bertipe STAD. Desain dari penelitianini adalah quasi – experimental designs dengan pretest dan posttest equivalent group design (design kelompok kontrol pretes postes). Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Kota Serang . metode pemilihan sempel yang di gunakan adalah metode purposeive sampling, sempel terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 5 sebagai kelas ekperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan obsevasi dan pengukuran menggunakan tes.Uji validitas intrumen dilakukan expert judgment dan untuk soal tesmenggunakan analis bitir soal dengan menghitung tingkat kesukaran dan daya pembedanya.Selanjutnya dilakukan uji reliabilitas yang dihitung menggunakan rumus K – R. 20. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan rumus uji – t polled varians dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kelas eksperimen yang menggunakan metode STAD berbantu simulasi virtual PHET mempunyai score gain yang lebih tinggi yaitu sebesar 0,74 dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran STAD mempunyai score gain sebasar 0,57; dan (2) rata – rata hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan metode STAD berbantu simulasi virtual PHET lebih baik dari rata – rata hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji – t polledvarians pada nilai posttest siswa yang menunjukan bahwa thitung yaitu sebesar 7,04 lebih besar dari ttabel yang hanya sebesar 1,67.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuherman, AndriUNSPECIFIED
Thesis advisorRahmi Darman, DinaUNSPECIFIED
Additional Information: The purpose of this study was to: (1) determine the improvement in student learning outcomes using the STAD type cooperative learning model assisted by virtual PHET simulation: (2) find out whether the cognitive learning outcomes of students using the STAD type cooperative learning model assisted by virtual PHET simulation were not better or better than the cognitive learning outcomes of students who learn to use the cooperative learning model STAD type. The design of the study was quasi-experimental designs with pretest and posttest equivalent group design (design control group pretest posttest). The population of this study is class XI students at Serang 6 Public High School. The method of selecting the sample used was the purposeive sampling method, consisting of two classes, namely class XI IPA 3 as the control class and XI IPA 5 as the experimental class. Data collection techniques used are observation and measurement using tests. Test instrument validity by expert judgment and for test questions use the analysts of the questions by calculating the level of difficulty and the power of the difference. Then the reliability test was calculated using the formula K - R. 20. The data analysis technique for hypothesis testing used the two polled variance t-test formula independent samples. The results showed that: (1) the experimental class using the STAD method assisted by virtual PHET simulation had a higher gain score of 0.74 and the control class using the STAD learning model had a gain score of 0.57; and (2) the average cognitive learning outcomes of students using the STAD method assisted by virtual PHET simulation are better than the average cognitive learning outcomes of students using the STAD learning model. This can be seen from the results of hypothesis testing using the polled variance t test on the student's posttest value which shows that tcount is 7.04 greater than the table which is only 1.67.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203-Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 12:48
Last Modified: 22 Nov 2021 12:48
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8827

Actions (login required)

View Item View Item