Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA SIMULASI PHET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA (Pada Materi Fluida Statis Kelas XI SMA di Kota Serang)

SETIAWAN, YUDIS (2018) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA SIMULASI PHET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA (Pada Materi Fluida Statis Kelas XI SMA di Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA SIMULASI PHET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran Fisika hakekatnya harus mampu memberikan pemahaman fisika terhadap konsep-konsep yang bersifat abstrak. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pembelajaran Fisika adalah menggunakan model pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model Project Based Learning dengan media simulasi PhET untuk siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Kota Serang tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimental. Dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak dua kelas. Satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas XI MIPA 8 dan satu kelas lagi sebagai kelas kontrol yaitu kelas XI MIPA 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar tes pemahaman konsep pada materi. Hasil uji hipotesis bahwa model dengan media yang digunakan untuk memberi pengaruh pada pemahaman konsep siswa, ditunjukkan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa yang lebih tinggi di kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil uji N-gain menyatakan bahwa pemahaman konseptual telah meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuherman, AndriUNSPECIFIED
Thesis advisorHaryadi, RudiUNSPECIFIED
Additional Information: Learning Physics must essentially be able to provide a physical understanding of abstract concepts. One of the efforts made to improve the learning of Physics is to use the right learning model. This study aims to improve students' understanding of concepts by using the Project Based Learning model with a PhET simulation media for class XI students at Serang 3 Public High School in the 2018/2019 school year. This research was conducted using a type of quasi-experimental research. In this study there were many two classes of samples. One class as an experimental class is class XI MIPA 8 and one class again as a control class namely class XI MIPA 2. The instruments used in this study are subject matter. Hypothesis test results that the model with the media used to understand students' concepts is done to improve the concept understanding of students who are higher in the experimental class compared to the control class. The N-gain test results state that conceptual understanding has increased.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203-Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 12:46
Last Modified: 22 Nov 2021 12:46
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8826

Actions (login required)

View Item View Item