MINDA UNISTY, REZNYFA (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING MENGGUNAKAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MINAT BELAJAR SISWA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING MENGGUNAKAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MINAT BELAJAR SISWA.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pencapaian kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model Problem-Based Learning (PBL) menggunakan Numbered Heads Together (NHT) lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Kota Serang tahun ajaran 2018/2019 semester genap. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling untuk memilih dua kelas, yaitu kelas eksperimen mendapat perlakuan pembelajaran dengan model PBL menggunakan NHT dan kelas kontrol mendapat perlakuan pembelajaran dengan model ekspositori. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan non-tes skala minat belajar siswa. Hasil peneltitian menyimpulkan bahwa: (1) Pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran model PBL menggunakan NHT lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori, (2) Pencapaian minat belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran model PBL menggunakan NHT tidak lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | The purpose of this research is to find whether the achievement of problem- solving skills students who get the learning model with Problem-Based Learning using Numbered Heads Together is better than students who get learning model with expository. This research was conducted using quasi experimental method with research design The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Population in this research is all student of class VIII in SMP Negeri 9 Serang City even semester of academic year 2017/2018. Sampling using cluster random sampling technique to select two classes, the experimental class gets the learning treatment with Problem-Based Learning using Numbered Heads Together and control class gets the learning model with expository. The instrument used is the test of mathematical problem-solving skills and non-test of learning interest scale of the students. The result of the research concludes that: (1) The achievement of the mathematical Problem-solving skills of the students who are given the Problem-Based Learning model using Numbered Heads Together is better than the students who are given the expository model, (2) The achievement of students’ learning interest with the Problem-Based Learning model using Numbered Heads Together isn’t better than the students who are given the expository model. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2021 12:45 | |||||||||
Last Modified: | 22 Nov 2021 12:45 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8825 |
Actions (login required)
View Item |