Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI KOLOID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Purnama, Pupun (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI KOLOID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI KOLOID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Materi koloid merupakan materi yang bersifat kotekstual/dekat dengan kehidupan sehari-hari, salah satunya aplikasi sifat dari sistem koloid dapat dipergunakan untuk mengatasi permasalahan pencamaran sungai Ciujung, yang di mana sungai Ciujung digunakan sebagai utama air bersih bagi masyarakat rangkas bitung, tetapi yang menjadi permasalahan yaitu didapatkannya hasil belajar materi koloid masih sangatlah redah, maka dibutuhkan model pembelajaran yang cocok dengan materi koloid yang bersifat kontekstual sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model pembelajaran Problem solving pada materi koloid untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah control grup pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa XI MIA SMAN 1 Cibadak, sampel ditentukan dengan teknik purposiv sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu RPP, tes hasil belajar yang berjumlah 29, dan lembar observasi yang telah divalidasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan teknik tes yang terdiri dari pretest, posttest dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik yang meliputi N-gain score, independent sampel t test dan effect size. hasil penelitian menunjukan nilia n-gian score kelas eksperimen (0,5660) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (0,5214). Indepedent sampel t test di peroleh nilai sig.2 tailed lebih dari 0,05 yang berarti bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata pada kelas eksperimen dan kontrol, yang dibuktikan dengan nilai effect size (0,40) yang berarti efek yang ditimbulkan pada penerapan model pembelajaran problem solving kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAffifah, IsriyantiUNSPECIFIED
Thesis advisorSari Siti Aisyah, RatnaUNSPECIFIED
Additional Information: Colloidal material is material that is contextual / close to daily life, one of which is the application of the nature of the colloidal system can be used to overcome the problem of Ciujung suangai contamination, where the Ciujung river is used as the main source of clean water for the Rangakas Bitung community, but the the problem is that getting colloidal learning outcomes is still very low, so it takes a learning model that matches the colloidal material that is contextual in nature so that it can improve student learning outcomes. This study aims to overcome these problems through the application of Problem solving learning models on colloidal material to improve student learning outcomes. The design used in this study was the pretest-posttest control group. The population in this study were students of XI MIA SMAN 1 Cibadak, the sample was determined by purposive sampling technique which consisted of two classes namely XI IPA 2 as the experimental class and XI IPA 1 as the control class. The instruments used were RPP, 29 learning outcomes tests, and validated observation sheets. Data collection techniques were carried out by documentation techniques and test techniques consisting of pretest, posttest, and observation. Data were analyzed descriptively and statistics including N-gain score, independent sample t-test, and effect size. the results of the study showed scores of experimental class scores (0.5660) higher than the control class (0.5214). The independent-sample t-test was obtained with a tailed value of more than 0.05, which means that there was no significant difference in the mean value in the experiment class and control, as evidenced by the effect size (0.40) which means the effect on the application of medium problem-solving learning models.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204-Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 12:41
Last Modified: 22 Nov 2021 12:41
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8823

Actions (login required)

View Item View Item