Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBANTUAN ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

EKA PUTRI C., DYAH (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBANTUAN ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBANTUAN ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana model pembelajaran problem posing berbantuan animasi dapat dijadikan salah satu alternatif bagi pendidik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2018/2019 pada kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Kota Serang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 37 soal pretest dan posttest. Nilai pretest menunjukan besarnya thitung adalah 0,0567. Nilai thitung tersebut dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 didapat ttabel sebesar 2,00525. Dan nilai posttest menunjukan besarnya thitung adalah 12,34297. Nilai thitung tersebut dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 didapat ttabel sebesar 2,00525. Terlihat bahwa nilai pretest lebih kecil dari nilai ttabel. Sedangkan nilai posttest lebih besar dari nilai ttabel. Hasil n-gain rata-rata pada kelas kontrol sebesar 0,47 atau dalam kategori sedang dan hasil n-gain rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 0,59 dalam kategori yang sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan model problem posing berbantuan animasi dan yang hanya menggunakan model problem posing tanpa berbantuan animasi.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRama Denny, YusUNSPECIFIED
Thesis advisorSari Utami, IndriUNSPECIFIED
Additional Information: This study discusses how the problem posing learning model assisted by animation can be used as an alternative for educators to improve student learning outcomes in momentum and impulses material. This research was conducted in the 2018/2019 school year in class X in Serang Vocational High School. Data collection techniques were carried out by written tests in the form of multiple choice questions as many as 37 questions pretest and posttest. The value of the pretest shows the amount of thitung is 0.0567. The thitung is compared with ttabel at the 0.05 significance level obtained ttabel of 2.00525. And the posttest value shows the amount of thitung is 12.34297. The thitung is compared with ttabel at the 0.05 significance level obtained ttabel of 2.00525. It can be seen that the pretest value is smaller than the ttabel. While the posttest value is greater than the ttabel value. The average n-gain results in the control class are 0.47 or in the moderate category and the average n-gain results in the experimental class are 0.59 in the moderate category. Thus it can be concluded that there are differences in the increase in learning outcomes between students who use the problem posing model assisted by animation and who only use the problem posing model without the help of animation.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203-Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 12:39
Last Modified: 22 Nov 2021 12:39
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8822

Actions (login required)

View Item View Item