Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Penerapan Model Pembelajaran PDEODE (Predict-Discuss-Explain- Observe-Discuss-Explain) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) pada Materi Larutan Penyangga

Halimah, Mamah (2019) Penerapan Model Pembelajaran PDEODE (Predict-Discuss-Explain- Observe-Discuss-Explain) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) pada Materi Larutan Penyangga. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Penerapan Model Pembelajaran PDEODE (Predict Discuss-ExplainObserve-Discuss-Explain) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) pada Materi Larutan Penyangga.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Keterampilan Proses Sains (KPS) merupakan keterampilan yang memadukan antara kognitif dan psikomotor siswa yang dapat mengembangkan pemahaman dan pengetahuan siswa secara mandiri. Salah satu materi kimia yang dapat meningkatkan KPS siswa adalah materi larutan penyangga karena materi ini memiliki pengetahuan prosedural. Pencapaian KPS siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu usaha untuk meningkatkan KPS siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran PDEODE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan KPS siswa melalui penerapan model pembelajaran PDEODE. Desain penelitian ini adalah one group pretest-posttest dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Intrumen pengukuran yang digunakan berupa tes pilihan ganda berjumlah 30 soal dan lembar observasi yang telah tervalidasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif menggunakan N-Gain dan analisis statistik menggunakan uji t dependen. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa adanya peningkatan KPS siswa akibat penerapan model pembelajaran PDEODE. Peningkatan ini dibuktikan oleh hasil uji t yang memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai N-Gain yang diperoleh pada masing masing indikator yang diteliti adalah indikator menafsirkan (0,682), indikator mengelompokkan (0,338), indikator mengamati (0,569), meramalkan (0,456), mengajukan pertanyaan (0,506), merumuskan hipotesis (0,433), merancang percobaan (0,511), menggunakan alat/bahan (0,449), menerapkan konsep (0,458) dan berkomunikasi (0,529). Dapat dibuktikan bahwa KPS siswa meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSolfarina, SolfarinaUNSPECIFIED
Thesis advisorLangitasari Sari, IndahUNSPECIFIED
Additional Information: The science process skill (KPS) is skill that blends between cognitive and psychomotor of students who can develop an extended sense the understanding and knowledge of students independently. One of the material of chemistry that be an increase in the KPS students were penyangga solution because the material it is having knowledge to procedural. The students' KPS achievement in Indonesia is still relatively low. One effort to increase student KPS is by applying the PDEODE learning model. This study aims to determine the increase in students' SPS through the application of the PDEODE learning model. The design of this study was one group pretest-posttest with purposive sampling sampling technique. The measurement instruments used were multiple choice tests totaling 30 questions and validated observation sheets. Data analysis techniques used in the form of descriptive analysis using N-Gain and statistical analysis using the dependent t test. Based on the results of the study, it was found that there was an increase in student KPSPSS due to the application of the PDEODE learning model. This increase is evidenced by the results of the t test which has a significance value of 0,000. N-Gain values obtained on each indicator studied were interpreting indicators (0.682), grouping indicators (0.338), observing indicators (0.569), predicting (0.456), asking questions (0.506), formulating hypotheses (0.433), designing experiments (0.511), using tools/materials (0.449), applying the concept (0.458) and communicating (0.529). It can be proven that student KPS increases.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204-Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 12:37
Last Modified: 22 Nov 2021 12:37
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8821

Actions (login required)

View Item View Item