Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMEN (TGT) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TOPIK ASAM BASA

Damayanti, Anita (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMEN (TGT) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TOPIK ASAM BASA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMEN (TGT) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TOPIK ASAM BASA.PDF
Restricted to Registered users only

Download (27MB)

Abstract

Pada saat proses pembelajaran kimia, metode yang biasa digunakan yaitu ceramah sehingga siswa mengalami rasa bosan dan hasil belajar siswa menurun. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Topik Asam Basa”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaraan kooperatif tipe TGT. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA sebanyak 64 orang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tulis dan lembar observasi. Tes tulis digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk mengukur aspek afektif siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Hasil uji-t yang didapat pada saat pretest sebesar 0,00. Hasil uji-t yang didapat saat posttest sebesar 0,00. Pada hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar pada pembelajaran topik asam basa. Peningkatan di kelas eksperimen setelah diuji menggunakan N-Gain sebesar 0,77 dengan kategori tinggi, sedangkan di kelas kontrol terjadi peningkatan setelah diuji menggunakan N-Gain sebesar 0,18 dengan kategori rendah. Selain terjadi peningkatan pada hasil belajar, siswa juga mengalami peningkatan pada aspek afektif. Siswa menjadi lebih aktif, lebih bertanggung jawab, dan lebih berpartisipasi.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAffifah, IsriyantiUNSPECIFIED
Thesis advisorSari, IndahUNSPECIFIED
Additional Information: In the chemistry learning process, teacher explains topic of acids and bases using lecture method that makes students bored and their study results decrease. For the reason, a research entitled “Application of Cooperative Learning Model Type TGT with Scientific Approach to Improve Student’s Study Results on Acids and Bases Topic” was conducted. This research was aimed to increase students learning results with the application of cooperative learning type TGT. Quasi experimental method was applied with Nonequivalent Control Group Design. The research subjects were XI Science students of 64 people consisted of experiment class and control class. The research instruments utilizied were written test, observation sheet, LKS (student’s worksheet), and RPP (lesson plan). Written test was used for measuring student’s study results and observation shet was used for measuring their affective aspects. The date gathered was analyzed using normality, homogenity, t-, and N-Gain test. The research results showed that there was a significant improvement of student’s study results on acids and bases topic. Improvement in experiment class was 0,77 or 77% categorized as high, while control class showed improvement on student’s study results of 0,18 or 18% categorized as low. Besides improvement of study results, the students also improved on their affective aspects. They became more active responsible, and participative.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204-Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 12:31
Last Modified: 22 Nov 2021 12:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8817

Actions (login required)

View Item View Item