Nur Afinda, Bella (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN WORD SQUARE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN WORD SQUARE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA.pdf Restricted to Registered users only Download (27MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan word square terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah control group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMK PGRI 31 Legok Kabupaten Tangerang. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan X TKJ 3 sebagai kelas kontrol. Instrunen yang digunakan yaitu RPP, tes hasil belajar, dan angket. Teknik pengumpulan data dalam dilakukan dengan teknik dokumentasi dan teknik tes yang terdiri dari pretest, posttest, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achivement Division (STAD) dengan word square. Hal ini dapat dilihat dari hasil deskriptif yaitu rata-rata motivasi belajar dari 88,30 meningkat menjadi 103,43 dan rata-rata hasil belajar dari 67,20 meningkat menjadi 84,10.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | This research aims to determine the effect of the application of cooperative learning models Student Team Achievement Division (STAD) type with word square on student motivation and learning outcomes on periodic system. The design used in this research was the control group pretest posttest. The population in this research is class X Computer Engineering Network (TKJ) SMK PGRI 31 Legok-Tangerang. The sample was determined by purposive sampling technique which consisted of two classes namely X TKJ 1 as the experimental class and X TKJ 3 as the control class. The instruments used are RPP, lerning outcomes test, and questionnaires. The inner data collection technique was carried out by documentation techniques and test technique used was independent sample t test with a significance level of 0,05. The results of this research indicate a significant effect on student motivation and learning outcomes after the implementation of the cooperative learning model Student Team Achievement Division (STAD) with word square. This can be seen from the descriptive results, namely the average learning motivation from 88,30 increased to 103,43 and the average learning outcomes from 67,20 inreased 84,10. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204-Jurusan Pendidikan Kimia |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2021 12:29 | |||||||||
Last Modified: | 22 Nov 2021 12:29 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8816 |
Actions (login required)
View Item |