Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Kuasi Eksperimen Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII A dan VII C di SMP Negeri 1 Kota Serang)

Pascal Firdaus, Fikih (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Kuasi Eksperimen Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII A dan VII C di SMP Negeri 1 Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK.PDF
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Pair Check terhadap motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII A dan kelas VII C di SMP Negeri 1 Kota Serang. Dalam penelitian ini, diambil sampel sebanyak dua kelas. Satu kelas eksperimen yaitu kelas VII C dan kelas kontrol yaitu kelas VII A. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa observasi, angket motivasi belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dengan menggunakan model pembelajaran Pair Check dapat mempengaruhi motivasi belajar pesrta didik. Hal ini dapat dilihat dari nilai perolehan korelasi product moment dan nilai analisis regresi sederhana. Dimana nilai perolehan koefisien korelasi product moment (rxy) atau rhitung = 0,644 dengan taraf signifikansi (α) = 0,05 dan jumlah responden (n) = 30 peserta didik, sehingga diperoleh rtabel = 0,361. Hasil perhitungan untuk analisis regresi linier sederhana pada penelitian ini diperoleh nilai thitung = 2,378, sedangkan ttabel = 1,701. Bedasarkan penjelasan tersebut maka nilai thitung 2,378 > ttabel 1,701. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternative (Ha) diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran pair check terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorJamaludin, UjangUNSPECIFIED
Thesis advisorYuni Lestari, RiaUNSPECIFIED
Additional Information: This study aims to determine the effect of the Pair Check learning model on students learning motivation. The type of research used in this study is quantitative experimental research. The population in this study was class VII A and class VII C in SMP Negeri 1 Kota Serang. In this study, a sample of two classes was taken. One experimental class is class VII C and the control class is class VII A. The instrument used in the study is observation, learning motivation questionnaire, and documentation. The results showed that the learning of Pancasila and citizenship education by using the Pair Check learning model can influence the motivation to learn students. This can be seen from the value of product moment correlation and the value of simple regression analysis. Where the acquisition value of the product moment correlation coefficient (rxy) or r count = 0.644 with a significance level (α) = 0.05 and the number of respondents (n) = 30 students so that r table = 0.361 is obtained. The calculation results for simple linear regression analysis in this study obtained a value of t count = 2.378, while t table = 1.701. Based on this explanation, the value of t count 2.377> t table 1.701. This shows that the alternative hypothesis (Ha) is accepted, meaning that there is the influence of the pair check learning model on the learning motivation of students in the subjects of Pancasila and Citizenship Education.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 12:27
Last Modified: 22 Nov 2021 12:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8815

Actions (login required)

View Item View Item