Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK- PAIR-SHARE BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI MOMENTUM IMPULS

SALMAH, AJRA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK- PAIR-SHARE BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI MOMENTUM IMPULS. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINKPAIR-SHARE BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI MOMENTUM IMPULS.PDF
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada materi momentum impuls setelah menggunakan model pembelajaran Think-Pair- Share berbasis proyek pada siswa kelas X MIA 2 tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen, sedangkan bentuk desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Ada dua kelas dalam penelitian ini, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol yaitu siswa kelas X MIA 1 yang terdiri dari 30 siswa yang diberikan model pembelajaran Think-Pair-Share dan kelas eksperimen yaitu siswa kelas X MIA 2 yang terdiri dari 30 siswa yang diberikan model pembelajaran Think-Pair- Share berbasis proyek. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share berbasis proyek dengan yang menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share, dapat dilihat dari uji-t dua pihak yaitu lebih besar dari atau 3,34 ≥ 2,0021 maka ditolak dan diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran Think-Pair-Share berbasis proyek terdapat perbedaan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran Think-Pair-Share.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRuhiat, YayatUNSPECIFIED
Thesis advisorSari Utami, IndriUNSPECIFIED
Additional Information: This research aims to determine differences in student learning outcomes in material momentum impulses after using learning models Think-Pair-Share based on project in grade X MIA 2 period 2018/2019. The method used is method of quasi experimental, while the design is non equivalent control group design. There are two classes in this research, the control group design and the experimental group. Control group of student in grade X MIA 1 which consist of 30 students that using models Think-Pair-Share and the experimental group was grade X MIA 2 which consist of 30 students given treatment using models Think- Pair-Share based on project. Based on research result indicate that there are significant difference between the result of student learning to use models Think- Pair-Share based on project with the use of models Think-Pair-Share, it can be seen from t-test of two parties is greater than or 3,34 ≥ 2,0021 then was rejected and accepted. So, it can be concluded that student learning outcomes that apply Think-Pair-Share based on project models are different when compared to student learning outcomes that apply Think-Pair-Share models.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203-Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Nov 2021 12:25
Last Modified: 22 Nov 2021 12:25
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/8814

Actions (login required)

View Item View Item